visitaaponce.com

Pemberantas OPM, Tergantung Pada Aspek Dukungan Logistik

Pemberantas OPM, Tergantung Pada Aspek Dukungan Logistik
Mufti Makarim, pengamat militer IDSPS, menyatakan lamanya waktu memberantas OPM tergantung pada dukungan logistik(Dok.MI)

PENGAMAT Militer dari Institute for Defense Security and Peace Studies (IDSPS) Mufti Makarim mengatakan lama tidaknya memberantas Organisasi Papua Merdeka (OPM), tergantung pada aspek dukungan logistik dan lainnya.

“Soal lama tidaknya tergantung pada aspek dukungan logistik dan lainnya. Mereka hanya terlokalisasi di wilayah tertentu yang kondisi geografisnya mereka kuasai sebagai basis gerakan,” ujar Mufti kepada Media Indonesia, Selasa (16/4).

Mufti menerangkan gerakan bersenjata yang dilakukan TPN OPM terjadi dengan berbagai aksi kekerasan, termasuk yang menyasar aparat. Pasalnya mereka memiliki tujuan tertentu yang melegitimasi penggunaan cara-cara tersebut.

Baca juga : Kemampuan TNI-Polri Berantas OPM Tergantung Itikad Pemerintah dan DPR

“Aksi kekerasan tidak hanya menyasar aparat dan warga sipil, namun juga infrastruktur yang dibangun pemerintah,” tegasnya.

“Terminologi KKB mengasumsikan mereka sebagai kelompok kriminal, sehingga pendekatan yang digunakan adalah penegakan hukum. Sementara OPM mengasumsikan mereka sebagai gerakan separatisme dan pendekatan yang digunakan adalah operasi militer,” tambahnya.

Kini, kata Mufti, diperlukan pendekatan komprehensif dari sisi pembangunan, pemulihan Kamtibmas dan ancaman separatisme, sehingga diperlukan kolaborasi multi stakeholder.

Mufti menerangkan pemerintah punya pertimbangan untuk penempatan status ancaman dan jenis tindakan penanggulangan yang dilakukan.

“Saya setuju pada pilihan yang komprehensif, sehingga peran serta multi stakeholder dapat mengurangi potensi kekerasan di lokasi yang menjadi hot spot area,” tandasnya. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat