visitaaponce.com

Bandara VVIP IKN Siap Digunakan pada 17 Agustus 2024

Bandara VVIP IKN Siap Digunakan pada 17 Agustus 2024
Presiden Joko Widodo saat ground breaking Bandara Ibu Kota Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, November 2023.(Dok. Antara)

KEMENTERIAN Perhubungan (Kemenhub) memastikan Bandara Very Very Important Person Ibu Kota Negara (Bandara VVIP IKN Nusantara), Kalimantan Timur, siap beroperasi pada Agustus mendatang, tepatnya pada perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2024.

Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Maria Kristi menuturkan proyek Bandara VVIP IKN ditargetkan rampung pada Juli mendatang.

“Kami berharap bandara ini cepat selesai pada Juli ini. Kemudian, ketika perayaan 17 Agustus sudah ada yang bisa mendarat di sini," ujarnya dalam keterangan resmi yang dikutip Rabu, (24/4).

Baca juga : Bank Tanah Siapkan Lahan untuk Bandara VVIP di Kawasan IKN Kalimantan

Maria menjelaskan dengan runway sepanjang 3.000 meter dan lebar 45 meter, Bandara VVIP IKN Nusantara dapat didarati oleh pesawat berbadan besar, seperti tipe Boeing 777-3000ER dan Airbus A380.

Bandara tersebut mempunyai luas terminal 7.350 m2 dan luas area bandara 347 hektare (ha). Konsep desain terminal bandara ini akan memadukan unsur kearifan lokal yang menonjolkan budaya Kalimantan dan berorientasi ramah lingkungan.

Adapun progres pekerjaan fisik Bandara IKN sampai dengan minggu ke-19 telah mencakup beberapa aspek. Di antaranya pekerjaan pile cap atau menyatukan satu atau beberapa pondasi tiang, instalasi pipa plumbing terminal VIP, pekerjaan bored pile atau bentuk pondasi beton berbentuk tabung panjang yang tertanam di dalam tanah, pekerjaan pancang dan pemasangan menara crane (TC) di gedung ATC, dan pekerjaan lainnya.

Baca juga : Jokowi Keluarkan Perpres Percepatan Bandara VVIP di IKN

Untuk mempercepat proses pembangunan Bandara IKN, telah dilakukan penambahan tenaga kerja dari 367 orang menjadi 458 orang pada bulan ini.

"Selain itu, untuk mempermudah akses logistik, jalan akses utama juga diharapkan bisa selesai pada awal Mei 2024 mendatang," pungkas Maria.

(Z-9)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat