visitaaponce.com

Pemindahan ASN ke IKN Nusantara Dimulai Bulan September 2024

Pemindahan ASN ke IKN Nusantara Dimulai Bulan September 2024
Menpan-Rebiro Abdullah Azwar Anas, mengumumkan pemindahan ASN ke IKN Nusantara akan dimulai secara bertahap mulai September 2024.(Antara)

MENTERI Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-Rebiro) Abdullah Azwar Anas menyampaikan aparatur sipil negara (ASN) sudah harus mulai bersiap diri untuk pindah ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Azwar menyebut pemindahan khusus ASN akan dilakukan secara bertahap mulai bulan September 2024.

“Pemindahan tadinya bulan Juli ke IKN. Maka, Juli sebagian nanti ada yang pindah, termasuk ASN. Karena Agustus nanti ada upacara di IKN, untuk upacara itu support systemnya sangat besar. Ada ribuan orang yang akan datang, bermalam dan seterusnya. Maka, kami mendapatkan arahan dari istana, pemindahan bertahap, tetapi ASN pindah setelah Agustus, setelah upacara,” kata Azwar saat konferensi pers di Gedung Kominfo, Jakarta, Rabu (17/4).

Azwar mengatakan upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Indonesia akan dilakukan di IKN sesuai dengan arahan presiden sebelumnya. Karena itu, ada beberapa kementerian yang harus tiba lebih dulu di IKN beserta dengan ASN di bawah kementerian tersebut.

Baca juga : Keluarga ASN yang Pindah ke IKN bakal Dapat Insentif

“Karena upacara itu akan dipakai seluruh peserta upacara di IKN, itu memerlukan apartemen, penginapan yang cukup banyak. Sehingga pemindahan ASN (secara khusus) ini setelah Agustus, insyaAllah September pindah,” imbuh Azwar.

Azwar juga menyampaikan pemindahan itu bertahap dan berdasarkan prioritas. Untuk Prioritas I, ada 179 eselon 1 di 38 kementerian dan lembaga (K/L).

Mulai dari Setjen DPR, Setjen DPD, Setjen MPR, Setjen BPK, Mahkamah Agung, Komisi Yudisial, Kemenko Marves, Kemenko Perekonomian, Kemenko Polhukam, Kemenko PMK, Kemenhan, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Luar Negeri, Kemenkum HAM, Kemenkeu, Kementerian PUPR, Keenterian PPN/Bappenas, Kementerian PANRB, Kementerian ATR/BPN, Kementerian Setneg, KLHK, Kementerian ESDM, Kementerian Kesehatan, Kementerian Perdagangan, Kominfo, Sekeretariat Kabinet, BMKG, Bapanas, BPIP dan BIN. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat