visitaaponce.com

Keluarga ASN yang Pindah ke IKN bakal Dapat Insentif

Keluarga ASN yang Pindah ke IKN bakal Dapat Insentif
PROGRESS PEMBANGUNAN RUMAH TAPAK JABATAN MENTERI DI IKN PADA FEBRUARI 2023.(Antara)

MENTERI Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-Rebiro) Abdullah Azwar Anas mengatakan Presiden Joko Widodo telah memerintahkan agar ada rumusan insentif bagi aparatur sipil negara (ASN) yang pindah ke Ibu Kota Nusantara (IKN) Nusantara.

"Termasuk insentif untuk keluarga anak yang akan tinggal di sana, termasuk indeks kemahalan dan kepindahan ASN," ujarnya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (20/11).

Pemerintah, sambung Anas, sudah membuat simulasi kepindahan ASN untuk Maret, Juli dan Agustus 2024.

Baca juga : Jokowi Minta Menpan RB Susun Simulasi Perpindahan ASN ke IKN

Untuk tahap pertama, jumlah ASN yang pindah 1200 hingga 3200. Namun, ungkapnya, jumlah itu tergantung pada selesainya pembangunan gedung-gedung pemerintahan di IKN. Selain gedung pemerintahan, ada juga gedung untuk tempat tinggal ASN.

"Ada gedung-gedung yang kalau (ASN) belum nikah bisa sharing, tapi yang nikah dan dibuatkan nanti sedang kita rencanakan," tutur Anas.

Kemenpan-Rebiro, sambungnya, sudah melakukan perkiraan kementerian mana yang akan pindah lebih dulu ke IKN.

Baca juga : ASN Pionir Pindah ke IKN akan Dapat Insentif Khusus

"Ada yang pindah duluan ada yang tidak. Jadi kita sudah excersice sudah forum group discussion (FGD) dengan semua kementerian/lembaga," imbuhnya.

Setelah gedung siap, ujar Anas, akan dihitung insentif bagi ASN. Selain itu, Anas juga mengatakan termasuk percepatan pembangunan sekolah mulai dari tingkat taman kanak-kanak hingga sekolah menengah atas (SMA) yang berstandar nasional ataupun internasional.

" Segera akan disiapkan sehingga ketika ada PNS yang pindah ke sana putra- putrinya sudah siap sekolah. Jadi enggak perlu Sabtu-Minggu balik ke Jakarta," terang Menpan-Rebiro. (Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat