visitaaponce.com

Jokowi Minta Menpan RB Susun Simulasi Perpindahan ASN ke IKN

Jokowi Minta Menpan RB Susun Simulasi Perpindahan ASN ke IKN
Presiden Joko Widodo saat pemasangan bilah tertama Garuda di Kantor Presiden, IKN, Kaltim, pada September 2023.(Antara)

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Azwar Anas untuk melakukan simulasi perpindahan ASN ke Ibu Kota Nusantara (IKN). Khususnya jumlah ASN yang dipindahkan dalam jangka pendek, menengah, dan panjang.

"Sebagai Menpan RB mendapat izin segera mengkoordinasi ini dalam waktu 15 hari untuk membuat simulasi," ujar Azwar di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat, 19 Januari 2024.

Azwar terlebih dahulu akan menghitung jumlah kebutuhan ASN dari setiap kementerian dan lembaga untuk dapat berjalan normal di IKN.Kebutuhan tersebut akan dikombinasikan antara ASN saat ini dan calon ASN (CASN). "Terkait adanya rekrutmen fresh graduate 690 ribu ASN baru," jelasnya. 

Baca juga : Jokowi bakal Groundbreaking Infrastruktur di IKN Setiap Bulan

Ia juga akan berkoordinasi dengan Otorita IKN. Agar jumlah ASN yang dipindahkan akan sesuai dengan jumlah tempat tinggal khusus ASN.

"Kita sekarang sudah membuat ini skenario kalau tahapan pertama kurang lebih 2.000 ASN eselon 1 mana saja yang akan pindah, begitu juga esselon II, ini ada kaitannya dengan jumlah tower yang tersedia," jelasnya. (MGN/Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat