visitaaponce.com

Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara 2024 Berlangsung di Kaltim

Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara 2024 Berlangsung di Kaltim
(MI/HO)

SEBANYAK 200 praja IPDN kembali turut serta dalam kegiatan Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara (Latsitardanus) XLIV tahun 2024 di Kalimantan Timur. Perwakilan praja IPDN ini bergabung dengan peserta lain yang terdiri atas taruna Akmil 417 orang, taruna AAL 126 orang, taruna AAU 111 orang, taruna Akpol 247 orang, taruna Poltek SSN 95 orang, dan cadet Universitas Pertahanan (Unhan) 192 orang. total peserta yang mengikuti Latsitardanus sejumlah 1.388 orang. 

Rektor IPDN Hadi Prabowo mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan pembekalan kepada taruna dan praja sebelum menyelesaikan akhir pendidikan. "Kegiatan ini akan dilaksanakan selama 1 bulan dari 6 Mei sampai dengan 5 Juni. Selain 200 orang praja, IPDN juga menyertakan 25 pengasuh untuk turut serta dalam kegiatan," ujarnya saat membuka acara di Balikpapan, Senin (6/5). 

Peserta Latisitarda akan langsung bekerja di tempat penugasan masing-masing. Peserta dibagi menjadi empat satuan latihan yakni Batalyon Macan di Kabupaten Kutai Kartanegara dengan jumlah 385 orang, Batalyon Elang di Kabupaten Paser 324 orang, Batalyon Hiu di Kota Balikpapan 329 orang, dan Batalyon Kijang di Kabupaten Penajam Paser Utara 350 orang. 

Baca juga : Kinerja Keuangan Solid, BSBK Siap Prelaunching Apartment Sapphire

Masih menurut Hadi, praja IPDN nanti melakukan beberapa pengabdian dan karya bakti seperti perbaikan rumah ibadah, perbaikan pos kamling, perbaikan rumah tidak layak huni, pembersihan aluran air, pembersihan sungai, perbaikan jalan, pembuatan tugu Latsitarda dan desa digital, riset sosial, penyuluhan kesehatan, penyuluhan narkoba, serta wisata sejarah. 

Dalam amanatnya, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan momentum untuk melakukan integrasi, kerja sama, dan gotong royong membangun bangsa serta sebagai pembelajaran dan pelatihan kepada para peserta. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan bahwa Latsitardanus diharapkan dapat melaksanakan berbagai kegiatan fisik dan sosial kemasyarakatan. Capaian fisik dan nonfisik ini diharapkan dapat berkontribusi dalam mempersiapkan Kalimantan Timur yang maju dan unggul.

Sebelumnya semua peserta Latsitardanus diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Mas Semarang pada 30 April menggunakan KRI 590 Makassar, KRI 592 Banjarmasin, dan KRI 593 Banda Aceh. Setelah tiba di Balikpapan, mereka melaksanakan upacara pembukaan Latsitarda kemudian dilanjutkan dengan kirab peserta Latsitarda yang dimulai di Lapangan Merdeka Pertamina dan berakhir di Balipapan Ocean Square. (RO/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat