visitaaponce.com

Gantikan Sang Ayah, Remaja Putri 19 Tahun Asal Bangka Berangkat Haji

Gantikan Sang Ayah, Remaja Putri 19 Tahun Asal Bangka Berangkat Haji
Jemaah Haji termuda asal Bangka Belitung(MI/Rendy Ferdiansyah)

INAS Syifa, seorang remaja putri berusia 19 tahun dari Desa Bakem, Kabupaten Bangka, menjadi sorotan sebagai calon jemaah haji termuda dari Bangka Belitung (Babel).

Keberangkatannya ke tanah suci merupakan penggantian atas posisi almarhum ayahnya yang meninggal dunia empat tahun yang lalu. Ia akan berangkat bersama ibunya, Elis.

Inas, dengan usia yang masih tergolong muda, merasa diberkati dengan kesempatan untuk menjalankan ibadah haji dan masuk dalam kloter 4. Ia telah mempersiapkan diri dengan baik dan berharap dapat melaksanakan ibadah haji dengan baik pula.

Baca juga : Simulasi Manasik Haji oleh KBIHU Muhammadiyah Klaten: Persiapan Fisik dan Mental

"Kesempatan ini sungguh tak terduga bagiku, tapi aku merasa diberkati," ujar Inas pada Senin (13/5).

Ia menceritakan bahwa sebelum wafat, ayahnya telah membayar biaya haji pada tahun 2011. Namun, sayangnya, sang ayah yang sangat ia cintai harus meninggalkan mereka pada tahun 2020.

Empat tahun telah berlalu sejak kepergian sang ayah, awalnya Inas dan ibunya merasa pasrah bahwa mereka tidak bisa menggantikan ayah untuk berangkat haji tahun ini.

Baca juga : Jemaah Lunasi Biaya Haji di Bangka Belitung Capai 96,5%, Jawa Barat Baru 90%

"Awalnya kami pasrah, merelakan ibu berangkat sendiri ke tanah suci tahun ini," kata Inas.

Namun, rida Allah memberikan berita baik bagi Inas, yang saat ini merupakan mahasiswi semester dua di Universitas Ahmad Yani Bandung. Ia diberi izin untuk menggantikan kursi ayahnya ke tanah suci tahun ini, dengan syarat bahwa ia adalah anak pertama.

"Saya diizinkan, yang penting satu bin dan anak pertama, nah kebetulan saya anak pertama sehingga saya mendapat berkah untuk berhaji tahun ini, menemani ibu," ujarnya.

Baca juga : Jemaah Haji Diimbau tidak Bawa Barang Berlebihan

Meskipun usianya masih muda, Inas tetap semangat. Ia terus belajar mengenai tata cara haji dan dibimbing oleh ibunya yang telah melaksanakan manasik haji.

"Saya sudah menyiapkan segalanya, baik secara fisik maupun spiritual. Saya juga sudah divaksin, Alhamdulillah saya siap dan berharap menjadi haji yang diterima Allah," ungkapnya.

Tahun ini, sebanyak 1.112 calon jamaah haji dari provinsi Bangka Belitung akan berangkat ke tanah suci, terbagi dalam beberapa kloter. Inas akan berangkat dengan kloter empat, yang akan masuk ke asrama haji Babel pada tanggal 14 Mei mendatang dan kemudian terbang ke Mekkah pada tanggal 15 Mei. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat