visitaaponce.com

Simulasi Manasik Haji oleh KBIHU Muhammadiyah Klaten Persiapan Fisik dan Mental

Simulasi Manasik Haji oleh KBIHU Muhammadiyah Klaten: Persiapan Fisik dan Mental
Calon jemaah haji Klaten ikut bimbingan haji(MI/Amir MR)

RATUSAN calon jamaah haji dari Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) Arafah Pimpinan Daerah Muhammadiyah Klaten (Jateng) mengikuti simulasi manasik haji. Kegiatan simulasi, yang diselenggarakan pada Minggu (21/4), bertujuan untuk mempersiapkan kondisi fisik, kesehatan, dan mental para calon haji, mengingat pelaksanaan ibadah haji membutuhkan fisik yang kuat.

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Klaten Agus Krisnadi menyatakan bahwa 749 calon haji mengikuti simulasi manasik yang berlangsung di SMK Muhammadiyah 3 Klaten.

Simulasi manasik mencakup rangkaian kegiatan mulai dari pelaksanaan niat di miqat, thawaf umrah, sai, tarwiyah, wukuf, mabit di musdalifah, lempar jamarat di Mina, hingga thawaf ifadhah dan thawaf wada.

Baca juga : Kemenag: Kuota Jemaah Haji Reguler 2024 Secara Nasional Sudah Terpenuhi

Agus Krisnadi menjelaskan bahwa simulasi manasik ini bertujuan untuk mempersiapkan fisik dan mental para calon jamaah haji, serta memberikan bekal yang telah didapatkan selama mengikuti bimbingan dari KBIHU Arafah PD Muhammadiyah.

Kesehatan fisik dan mental menjadi hal penting bagi jamaah yang akan berangkat ke Tanah Suci pada penyelenggaraan ibadah haji 2024, sehingga tidak boleh ditunda karena menurunnya kesehatan.

Agus juga menekankan pentingnya mematuhi aturan dalam berhaji, mengikuti petunjuk ketua rombongan, dan menjaga kebersamaan selama di Tanah Suci.

Faizatul Umma, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kemenag Klaten, mengapresiasi upaya KBIHU Arafah Muhammadiyah dalam mempersiapkan para calon jamaah haji dari Klaten dengan menyelenggarakan bimbingan ibadah haji dan umrah secara intensif. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat