visitaaponce.com

5 Jembatan Bailey Dibangun untuk Pulihkan Akses Ke Kawasan Terdampak Banjir Lahar Dingin

5 Jembatan Bailey Dibangun untuk Pulihkan Akses Ke Kawasan Terdampak Banjir Lahar Dingin
BNPB menyiapkan lima jembatan bailey untuk dibangun di titik-titik krusial yang terkena dampak banjir lahar dingin. (Metro TV)

KEPALA Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto menyatakan menyiapkan lima jembatan bailey untuk dibangun di titik-titik krusial yang terkena dampak banjir lahar dingin.

"Kita menyiapkan 5 unit jembatan Bailey yang akan kita bangun mulai hari ini di titik-titik yang sangat dibutuhkan masyarakat," ujar Suharyanto, Kamis (16/5).

Pembangunan jembatan ini diharapkan dapat memulihkan akses jalan dan ekonomi masyarakat yang terganggu akibat banjir. Suharyanto menambahkan Kementerian PUPR sedang memperbaiki jalan di Silaing yang putus akibat banjir. 

Baca juga : Kebutuhan Dasar Warga Korban Bencana Sumbar Dipastikan Terpenuhi

Gubernur Sumatra Barat Mahyeldi menyampaikan instruksi kepada Wali Nagari untuk membangun atau menempatkan pengungsian di lokasi aman. Pemerintah juga akan selalu memenuhi kebutuhan pengungsi.

"Bapak dan ibu dipengungsian silahkan melaporkan apa saja kebutuhan, lapor ke Wali Nagari untuk disampaikan kepada pak Bupati dan disampaikan kepada kami, jadi jangan risau, kita akan penuhi semua kebutuhan semua," ujar Mahyeldi.

Mahyeldi juga menyampaikan Pemerintah Provinsi bersama Pemerintah Pusat dan Kabupaten siap membangun rumah bagi masyarakat, yang rumahnya  rusak berat.

Baca juga : Kepala BNPB Sampaikan Opsi Relokasi Korban Bencana di Sumatra Barat

"Kalau Bapak dan ibu rumahnya rusak berat yang memiliki tanah, kita siap membangun kembali rumahnya, dan kalau tidak ada ke depan Insya Allah bekerjasama dengan pihak Kabupaten bahkan dukungan Kanwil Pertanahan Sumbar kita bangun rumah untuk ibuk bapak nantinya," sampai Gubernur.

Bupati Tanah Datar Eka Putra menyampaikan terima kasih atas perhatian semua pihak yang membantu penanganan musibah banjir bandang dan tanah longsor di Tanah Datar.

"Dengan bantuan dan kedatangan Pemerintah Pusat, Provinsi dan pihak lainnya, membuat saya bersyukur dan merasa tidak sendiri menghadapi musibah ini, terima kasih Saya kepada semua pihak," ujarnya.

Eka berpesan kepada masyarakat untuk tetap bersabar dan terus menjaga kesehatan selama di pengungsian. Pemerintah akan terus bekerja untuk turut meringankan beban semuanya.

"Tetap jaga kesehatan, jangan percaya isu-isu yang tidak jelas, dan seperti apa yang disampaikan Pemerintah Pusat dan Provinsi, bahwa kami semua hadir mendampingi bapak, ibuk dan saudara semua sampai musibah ini berlalu," katanya. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat