visitaaponce.com

Desa Jontona di Lembata Terpilih Ikuti Giat Pemajuan Kebudayaan Desa Tahun 2024

Desa Jontona di Lembata Terpilih Ikuti Giat Pemajuan Kebudayaan Desa Tahun 2024
Desa Jontona Terpilih Ikuti Giat Pemajuan Kebudayaan Desa Tahun 2024.(Dok. MI)

DIREKTORAT Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) telah mengumumkan 245 Desa Budaya terpilih dari seluruh Indonesia untuk mengikuti kegiatan Pemajuan Kebudayaan Desa Tahun 2024. Satu diantaranya adalah Desa Jontona, Kecamatan Ile Ape Timur, Kabupaten Lembata, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Seleksi 245 Desa Budaya ini dilakukan melalui proses pengusulan dari Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) masing masing wilayah. Kabupaten Lembata masuk wilayah BPK XVI NTT melalui Dinas Pemuda Olahraga dan Kebudayaan Kabupaten Lembata.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Kebudayaan Kabupaten Lembata, Apolonaris Mayan, Rabu (22/5), menjelaskan, pilihan desa budaya di Lembata melalui berbagai syarat. Di antaranya keberadaan desa di sekitar Kawasan Cagar Budaya Peringkat Nasional, Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Indonesia, desa di sekitar titik Jalur Rempah, status sebagai desa berkembang Kemendes/PDTT, keberadaan desa di Destinasi Wisata Super Prioritas, dan telah menyusun Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah (PPKD) di tingkat Kabupaten/Kota.

Baca juga : 148 Keluarga masih Buang Air Besar Sembarangan, Lembata 100% ODF Ditarget

Sebelumnya, Kemendikbud Ristek menetapkan Desa Lamalera sebagai Desa Budaya. Dengan begitu ada dua desa di Lembata yang terpilih.

“Untuk NTT ada 10 desa yang ditetapkan menjadi desa budaya tahun 2024. Dan Desa Jontona menjadi satu satunya Desa yang lolos seleksi menjadi Desa budaya tahun 2024″, ungkap Apolonaris kepada wartawan di Lewoleba, 22 Mei 2024.

Proses pengusulan Desa Jontona menjadi Desa Budaya berdasarkan kriteria Desa Jontona yang telah melahirkan Warisan Budaya Tak Benda Indonesia yaitu Kampung Adat Lewuhala. Sementara itu, Kabupaten Lembata juga telah menyusun PPKD yang menjadi syarat utama ditetapkan menjadi Desa Budaya.

Baca juga : Dharma Wanita Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Lembata Bantu Penanganan Stunting

Untuk informasi, salah satu Olahraga Tradisional Kabupaten Lembata yaitu Nodihi’ telah dipentaskan saat Pekan Kebudayaan Nasional tahun 2023 dan Kampung Adat Lewuhala sudah ditetapkan menjadi Warisan Budaya Tak Benda tahun 2005.

Sebagai Desa Budaya pertama yang telah ditetapkan di Kabupaten Lembata oleh Kemendikbud Ristek, Apolonaris Mayan berharap Desa Jontona yang menjadi Desa Budaya nantinya bisa menjadi Desa Mandiri melalui peningkatan ketahanan budaya dan kontribusi budaya desa di tengah peradaban dunia.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat