visitaaponce.com

Inafis Polri Sedang Mengejar Asal Api di Kilang Pertamina Unit Balikpapan

Inafis Polri Sedang Mengejar Asal Api di Kilang Pertamina Unit Balikpapan
Kebakaran kilang pertamina balikpapan(Antara)

TIM Indonesia Automatic Fingerprint Identification System (Inafis) Polri masih menyelidiki sumber api yang memicu kebakaran Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Kebakaran terjadi pada Sabtu (25/5) dini hari sekitar pukul 04.25 WITA.

Menurut Kepala Polresta Balikpapan, Komisaris Besar Polisi Anton Firmanto, tim Inafis sedang aktif melakukan investigasi teknis untuk menemukan sumber api.

"Inafis adalah bagian dari Badan Reserse Kriminal Polri yang bertanggung jawab atas identifikasi forensik," jelasnya.

Baca juga : Musim Hujan Tiba, Titik Panas di Kalimantan Timur Turun

Tim Inafis telah berada di lokasi kejadian untuk mengumpulkan bukti-bukti yang dapat membantu mengidentifikasi penyebab kebakaran di unit distilasi minyak mentah VI PT KPI Unit Balikpapan.

Selain itu, Polresta Balikpapan akan berkoordinasi dengan Tim Laboratorium Forensik (Labfor) dari Jawa Timur untuk menyelidiki lebih lanjut penyebab kebakaran.

"Kami biasanya mengirimkan tim Labfor dari Polda Jatim untuk menangani kasus kebakaran di Balikpapan," tambah Anton Firmanto.

Baca juga : Pertamina Diminta Lakukan Audit Investigatif Kebakaran Depo Pertamina Plumpang

General Manager PT KPI Unit Balikpapan, Bayu Arafat, juga menyatakan bahwa pihaknya sedang melakukan investigasi terkait penyebab pasti kebakaran.

"Kami juga bekerja sama dengan pihak kepolisian dan menggerakkan tim migas untuk menyelidiki penyebab kebakaran," katanya.

Api berasal dari unit distilasi minyak mentah (crude distillation unit/CDU) VI, yang merupakan tahap awal dari pemrosesan minyak mentah menjadi bahan bakar minyak (BBM), liquified petroleum gas (LPG), dan produk lainnya.

Meskipun prosesnya kompleks, api berhasil dipadamkan sekitar pukul 07.30 WITA tanpa mengakibatkan korban jiwa.

Bayu Arafat menegaskan bahwa tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut, baik dari karyawan yang sedang bertugas maupun dari tim pemadam kebakaran. (Ant/Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat