visitaaponce.com

Candi Borobudur Jadi Destinasi Wisata Berkelanjutan

Candi Borobudur Jadi Destinasi Wisata Berkelanjutan
Wisatawan mengunjungi Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Magelang , Jawa Tengah, Selasa (4/7/2023).(ANTARA/ANIS EFIZUDIN)

CANDI Borobudur bertransformasi menjadi destinasi wisata berkelanjutan berkelas dunia. Pengembangan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Pasuruhan dan Pasar Seni Kujon membawa kemajuan siginifikan bagi kelestarian lingkungan, budaya, dan pemberdayaan masyarakat.

Tenaga Ahli Utama Bidang Infrastruktur dan Pariwisata Kantor Staf Presiden (KSP), Helson Siagian mengatakan pengembangan TPST Pasuruhan dan Pasar Seni Kujon bukan hanya memanjakan pengunjung, melainkan juga menjadi pelopor kelestarian lingkungan dan pemberdayaan ekonomi bagi masyarakat di kawasan wisata Candi Borobudur.

"TPST Pasuruhan akan mewujudkan Borobudur lebih bersih dan hijau," kata Helson, saat kunjungan kerja di Kawasan Sampah Pasuruhan, di Magelang, Jawa Tengah, Rabu (29/5).

Baca juga : Askrindo Muda Jalankan Misi Kemanusiaan dalam Relawan Bakti BUMN Batch V

TPST ini akan mendaur ulang 90% sampah yang dihasilkan setiap hari melalui penerapan teknologi pengelolaan limbah dan daur ulang yang mutakhir.

Sementara Pasar Seni Kujon dirancang untuk mendukung dan meningkatkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) lokal.

Helson menegaskan komitmen Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dalam mengembangkan Candi Borobudur sebagai destinasi wisata berkelanjutan kelas dunia juga akan diwujudkan dengan disusunnya Peraturan Presiden (Perpres) terkait pembentukan pengelola Tunggal kawasan pariwisata Borobudur.

Baca juga : Presiden Jokowi Berlibur ke Candi Borobudur Bersama Keluarga

Konektivitas akan ditingkatkan dengan pembangunan jalan tol langsung dari Bandara Yogyakarta International Airport (YIA). Selain itu kendaraan listrik juga akan dioperasikan untuk mengangkut wisatawan dari Pasar Seni Kujon ke Candi Borobudur.

"Borobudur terus berkembang di bawah kepemimpinan yang visioner, dan menjadi contoh yang sangat baik bagi situs warisan budaya lainnya di seluruh dunia," kata Helson.

Helson juga mengungkapkan di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi, Indonesia telah mencatat peningkatan signifikan dalam Indeks Pengembangan Pariwisata dan Perjalanan (TTDI).

"Yakni, naik dari posisi ke-36 ke 22. Ini menunjukkan keberhasilan kebijakan pariwisata berkelanjutan," kata Helson. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat