visitaaponce.com

Harga Sapi di Makassar Naik Jelang Idul Adha

Harga Sapi di Makassar Naik Jelang Idul Adha
Ilustrasi sapi untuk kurban.(ANTARA/YUDI)

HARGA hewan kurban mulai naik dibanding harga tahun lalu pada sejumlah titik penampungan hewan di wilayah Kota Makassar, Sulawesi Selatan menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah.

"Harga sapi mulai Rp12 juta sampai Rp30 jutaan, memang ada kenaikan dari tahun lalu antara Rp500 ribu-Rp2 jutaan per ekor. Walaupun harga sapi naik tetap ada pembeli," kata Sabir, pedagang sapi di Jalan Aroepala eks Letjen Hertasning Makassar, Selasa (4/6) seperti dilansir dari Antara.

Harga pasaran sapi pada 2023 sekitar Rp11 juta sampai 18 juta tergantung besar dan beratnya. Sabir menjelaskan, kenaikan harga tersebut disebabkan harga pakan, vitamin, dan lainnya termasuk situasi ekonomi terkini.

Baca juga : Filantropi Haji

Pedagang sapi lainnya, Hamzah, menuturkan, untuk harga sapi jenis Limosin dan Simmental naik sekitar Rp2 jutaan dari semula Rp18 jutaan naik menjadi Rp21 jutaan. Sedangkan sapi jenis biasa dari Rp11 jutaan bisa naik menjadi Rp12-13 jutaan per ekor.

"Harga pakan naik, sekarang dedak sudah Rp1.500 per kilo, ampasnya Rp25 ribu per karung. Kalau sudah sampai di peternakan bisa di atasnya lagi. Kalau di sini harga mulai Rp12,5 juta untuk daging 60 kilo. Kalau berat daging 70 kilo, dijual sampai Rp13 jutaan," katanya.

Sedangkan untuk harga kambing juga ikut naik bervariasi antara Rp3 jutaan sampai Rp4,5 jutaan, tergantung pada besar serta berat kambing tersebut.

Salah seorang pembeli hewan kurban Ade Saputra menuturkan, kenaikan harga hewan kurban dinilai wajar karena mengikuti fluktuasi ekonomi dan inflasi. Meski demikian, dia tetap membeli hewan kurban demi menjalankan sunnah
dalam ajaran agama Islam.

"Saya pernah membeli sapi di sini, karena sapinya bersih dan harga terjangkau, apalagi mudah diangkut karena di taruh dekat pinggir jalan," katanya. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat