visitaaponce.com

Kemensos Bantu Atasi Masalah Air Bersih dan Kasus Pasung di Kabupaten Barito Kuala

Kemensos Bantu Atasi Masalah Air Bersih dan Kasus Pasung di Kabupaten Barito Kuala
Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini, meninjau program bantuan Kemensos di Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan.(MI/Denny)

MENTERI Sosial RI, Tri Rismaharini meninjau sejumlah program bantuan Kementerian Sosial (Kemensos) bagi warga miskin di Kabupaten Barito Kuala, Provinsi Kalimantan Selatan

Ada sejumlah program bantuan Kemensos yang dipusatkan di Desa Sungai Pitung, Kecamatan Alalak, Kabupaten Barito Kuala antara lain pembangunan Rumah Sejahtera Terpadu (RST), lumbung sosial yang diperuntukkan bagi penanganan dan pencegahan penularan penyakit kusta, juga instalasi pengolahan air bersih siap minum.

Selain itu Kemensos juga membantu membebaskan 13 orang dengan gangguan kejiwaan (ODGJ) yang dipasung dan pengobatannya. 

Baca juga : Instalasi Air dari Kemensos Kurangi Beban Pengeluaran Warga Desa Pambotanjara

"Kunjungan saya kesini sebenarnya untuk menangkap permasalahan yang ada di desa sini seperti kusta akibat masalah gizi kurang baik. Juga permasalahan air bersih. Kita juga membebaskan 13 ODGJ yang dipasung dan selanjutnya kita bantu pengobatannya," tutur Risma usai berdialog dengan warga desa.

Desa Sungai Pitung merupakan salah satu desa di Kabupaten Barito Kuala yang masih tertinggal dan masuk kategori miskin. Ada sebanyak 200 keluarga warga Desa Sungai Pitung yang mayoritas berprofesi sebagai petani padi lahan pasang surut.

Akibat kemiskinan warga masih mengandalkan air sungai dan air genangan rawa yang asam (PH 4) untuk keperluan sehari-hari, termasuk MCK. Di sisi lain pada saat kemarau warga praktis kesulitan air karena sungai mengering dan mengalami interusi air laut (payau).

Risma yang sempat mencoba meminum air hasil olahan dari air sungai tersebut menegaskan masalah air bersih ini menjadi perhatian serius Kemensos. Karena itu pihaknya meminta Pemda setempat segera membuat embung, penampungan (toren) serta sumur bor guna mengatasi masalah krisis air bersih di wilayah tersebut. 

Instalasi pengolahan air bersih siap minum yang dibangun Kemensos berkapasitas 1,5 liter perdetik mampu memenuhi kebutuhan air bersih bagi seluruh warga Desa Sungai Pitung. Pj Bupati Barito Kuala, Mujiyat mengatakan pihaknya akan segera menindaklanjuti instruksi Mensos terkait penyiapan lahan untuk pembangunan embung, penanganan ODGJ dan kusta di wilayahnya. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat