visitaaponce.com

Mensos Tri Rismaharini Motivasi Penyandang Disabilitas untuk Raih Sukses

Mensos Tri Rismaharini Motivasi Penyandang Disabilitas untuk Raih Sukses
Menteri Sosial Tri Rismaharini memberikan mainan kepada anak penderita anus anterior.(Antara)

Menteri Sosial Tri Rismaharini terus mendorong penyandang disablitas untuk bisa produktif meski dalam kondisi yang terbatas. Ia meyakinkan bahwa kaum difabel juga bisa sukses dan maju selayaknya masyarakat pada umumnya.

"Semua bisa sukses. Kalian bisa sukses. Kesuksesan tidak bergantung pada orang tua kalian, tidak bergantung pada orang lain. Itu semua bergantung pada kalian sendiri," ungkap Risma kepada para penyandang disabilitas yang tengah menjalankan kios Gerai Pena di Bale Lembang, Senin (1/7).

Risma menekankan yang paling penting dalam berwirausaha adalah sikap ulet dan pantang menyerah. “Jika kalian gagal dan jatuh, bangkit lagi. Kalian jangan mudah menyerah,”ujarnya memberikan motivasi.

Baca juga : Forum Tingkat Tinggi ASEAN Bahas Tiga Poin Penting Pemenuhan Hak Disabilitas

Mantan Wali Kota Surabaya itu juga memberi usulan konkret berupa inovasi produk untuk mengembangkan usaha. Misalnya, dia mengusulkan agar penyandang disabilitas yang mengelola usaha pembuatan tumbler bambu untuk melakukan inovasi baru dengan membuat gelas dan cangkir terbuat dari bambu.

Tak berhenti sampai di sana, dia juga berbincang dengan pembuat kue balok. Risma minta agar ukuran kue balok yang dibuatnya tidak terlalu besar dan dengan topping tidak terlalu melimpah untuk menyeimbangkan rasa.

"Ukurannya jangan terlalu besar dan rasanya jangan terlalu manis karena kalau kebanyakan kurang nyaman di perut," kata Risma.

Ia mengatakan, selain ulet dan tekun, pelaku usaha juga harus terus berinovasi dan berkreasi dengan hal-hal baru, serta mengikuti selera pasar. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat