visitaaponce.com

Peserta Peparnas XVI Papua Mulai Berdatangan di Bumi Cenderawasih

Peserta Peparnas XVI Papua Mulai Berdatangan di Bumi Cenderawasih
Lifter Papua Oktovianus F. Itlay (dua kiri) membawa obor api Peparnas XVI Papua di Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Kabupaten Jayapura.(ANTARA FOTO/Indrayadi TH)

SEJUMLAH peserta Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI Papua sudah mulai berdatangan ke Bumi Cenderawasih, pada Rabu (3/11) diperkirakan sebanyak 192 atlet dan 68 ofisial dari tiga provinsi yakni DKI Jakarta, Sumatera Selatan, dan Kalimantan Timur, akan tiba di Bandar Udara Internasional Sentani, Kabupaten Jayapura.

Berdasarkan jadwal, kontingen Sumatera Selatan yang berkekuatan 24 atlet menjadi Kontingen pertama yang tiba di Papua pada hari ini tepatnya pukul 07.30 WIT, disusul kontingen asal DKI Jakarta dengan jumlah 102 atlet dan 38 ofisial yang juga telah mendarat pada pukul 11.40 WIT.

Ini merupakan kloter ketiga dari kontingen Sumatera Selatan dan keloter kedua dari DKI Jakarta yang tiba di Papua, di mana kemarin Selasa (2/11), Sumatera Selatan telah mendatangkan rombongannya sebanyak 134 atlet dan ofisial, sementara DKI Jakarta telah mendaratkan 50 atletnya.

Sedangkan rombongan besar asal Kalimantan Timur yang berjumlah 66 atlet dan 30 ofisial, dijadwalkan akan mendarat pukul 15.30 WIT.

“Kami telah mulai menerima para peserta Peparnas 2021 pada Selasa,” kata Ketua II Panitia Besar Peparnas 2021, Hans Hamadi dalam keterangan resmi Kemenpora, Rabu (3/11).

Sehari sebelumnya sebanyak 1.395 atlet dan ofisial dari 21 Provinsi telah tiba di Papua, jumlah terbesar rombongan yang tiba berasal dari Jawa Barat yakni 306 orang, disusul Kalimantan Selatan 206 orang.

Komite Paralimpiade Indonesia (NPCI) menyatakan akan ada sekitar 3.609 atlet yang akan berlaga di Peparnas Papua, dengan Peparnas XVI Papua yang akan dibuka pada 5 November 2021.

Adapun para atlet nantinya akan berlaga di 12 cabang olahraga yang digelar di dua lokasi yakni Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura, ke-12 cabang itu termasuk diantaranya Atletik, Angkat Berat, Bulu Tangkis, Catur, Judo, hingga Panahan.

Mereka akan memperebutkan sekita 2.812 keping medali yang terdiri dari 861 emas, 861 perak, dan 1.090 perunggu, yang  diperebutkan dalam 640 nomor perlombaan.

Wakil Presiden Ma'ruf Amin dijadwalkan akan membuka secara langsung Peparnas XVI Papua, di mana upacara pembukaannya akan digelar ada tanggal 5 November 2021 di Stadion Mandala Jayapura.

Selain dimeriahkan dengan pesta kembang api, atraksi 500 drone juga akan memeriahkan upacara pembukaan Peparnas XVI Papua. (Rif/Kemenpora/OL-09)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat