visitaaponce.com

Para Renang Indonesia Buka Keran Medali Emas di ASEAN Para Games 2023

Para Renang Indonesia Buka Keran Medali Emas di ASEAN Para Games 2023
Kontingen Indonesia saat Opening Ceremony ASEAN Para Games (APG 2023) di Morodok Techo National Stadium, Sabtu (3/6).(Dok. NPC Indonesia)

PUNDI-pundi medali emas kontingen Indonesia di terus bertambah di hari kedua Asean Para Games 2023 Kamboja, Minggu (4/6). Tim Merah Putih untuk sementara memimpin klasemen perolehan medali.

Atlet para renang Indonesia berhasil mempersembambahkan lima medali emas, lima perak, dan satu perunggu pada laga final berlangsung di Aquatic Center, Morodok, Phnom Penh, Kamboja, Minggu (4/6).

Lima medali emas para renang Indonesia masing-masing berhasil diraih, Jendi Pangabean di nomor gaya bebas 400 meter putra (S9). Aris Wibawa pada nomor gaya dada 100 meter putra (SB7), Zaki Zulkarnain pada nomor gaya dada 100 meter putra (SB9), Riyanti pada nomor gaya bebas 400 meter putri (S6) dan Mutiara Cantik di nomor gaya dada 100 meter putri (SB9).

Baca juga: Bulu Tangkis Sumbang Emas Perdana ASEAN Para Games Kamboja

Sementara, medali perak diraih Guntur pada nomor gaya dada 100 meter putra (SB8), Bayu Putra Yuda pada nomor gaya dada 100 meter putra (SB9), Tangkilisan S. Sualang pada nomor bebas 400 meter putra (S10), Saudah pada nomor bebas 400 meter putri (S6), Marinus Melianus Yowei di nomor gaya dada 100 m putra (SB13). Untuk medali perunggu disumbangkan Ummu Kalsum di nomor gaya dada 100 meter putri.

"Alhamdulillah perasaan saya senang dan bangga usai meraih emas pada gaya bebas 400 meter putra. Karena ini emas pertama saya di Kamboja," kata Jendi dalam keterangannya, Minggu (4/6).

Baca juga: Jendi Pangabean Targetkan Lima Emas di APG 2023 Kamboja

Ia berharap capaian ini menjadi awal yang baik dan bisa terus berlanjut untuk mengharumkan Indonesia nama Indonesia. "Saya harap ini bisa terus berlanjut di hari-hari berikutnya. Dan ini alhamdulillah bisa menambah rekor baru untuk Indonesia dan menambah koleksi rekor saya di Asean Para Games yang sebelumnya dipegang Vietnam dan hari ini saya bisa pecahkan," jelasnya.

Perolehan medali juga disumbangkan atlet para atletik. Dua medali sukses diraih di nomor lompat tinggi putra kelas T42/44 yang berlangsung di Morodok Techo National Stadium, Minggu (4/6).

Medali emas dipersembahkan oleh Nasip, yang berhasil melakukan lompatan setinggi 175 cm. Angka itu juga membuatnya berhasil memecahkan rekor ASEAN Para Games (APG). Sebelumnya, rekor lompatan tertinggi APG ialah 166 cm pada edisi sebelumnya yang digelar di Solo, Jawa Tengah, 2022 lalu.

Ia mengalahkan rekan senegaranya, Agus Kurniawan yang meraih medali perak dengan catatan 172 cm. "Saya sempat grogi saat 168 cm. Pelatih meyakinkan dari sisi lapangan, bisa melewati 168 cm. Akhirnya saya coba dan berhasil dan melampaui 172 cm,” kata Nasip.

"Emas ini saya persembahkan khusus untuk Indonesia, keluarga, NPC Indonesia dan pelatih yang terus memotivasi di sisi lapangan. Alhamdulillah target Indonesia tercapai. Kesulitan tadi di 172 cm. Ini sudah melampaui rekor saya, sebelumnya 166 cm, saat ini 172 cm," lanjutnya.

Berdasarkan data laman resmi ASEAN Para Games 2023 Kamboja pukul 17.00 WIB, Indonesia memimpin perolehan medali dengan 19 medali emas, 14 medali perak dan 7 perunggu. Indonesia unggul jauh dari Vietnam di posisi kedua yang meraih 7 medali emas, 5 medali perak dan 11 perunggu. (Mal/Z-7

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat