visitaaponce.com

Warna Baju Renang Bisa Pengaruhi Keselamatan Anak di Air

Warna Baju Renang Bisa Pengaruhi Keselamatan Anak di Air
Warna baju renang anak dapat memengaruhi tingkat keterlihatan mereka di air, memainkan peran penting dalam pencegahan tenggelam. (Freepik)

WARNA baju renang anak Anda bisa memengaruhi keselamatan mereka di kolam renang atau pantai. Itu menurut para ahli keselamatan air yang telah memperhatikan secara seksama bagaimana warna pakaian renang dapat memengaruhi seberapa terlihat seorang anak di bawah air.

"Warna baju renang anak dapat secara signifikan memengaruhi keterlihatan mereka di air, yang sangat penting dalam mencegah tenggelam. Warna-warna cerah dan kontras lebih jelas terlihat dibandingkan dengan air, sehingga memudahkan penjaga pantai dan orangtua untuk segera melihat anak, terutama dalam situasi darurat," kata Bernard Fisher, direktur kesehatan dan keselamatan untuk American Lifeguard Association.

"Orang harus menghindari baju renang berwarna biru muda, abu-abu, atau hijau karena mereka dapat menyatu dengan air dan sekitar kolam, membuat sulit untuk melihat anak. Kami merekomendasikan warna-warna cerah dan kontras seperti kuning neon, oranye, merah muda, dan merah cerah," tambah Fisher. 

Baca juga : Anak Tamara Tyasmara Ditenggelamkan Sebanyak 12 Kali Hingga Tewas

"Warna-warna ini sangat terlihat baik di bawah air maupun di permukaan.

Warna baju renang tidak cukup dibicarakan dalam keselamatan publik, kata Wyatt Werneth, seorang penjaga pantai di Florida dan juru bicara untuk American Lifeguard Association.

"Pakaian cerah adalah sesuatu yang telah kami identifikasi sebagai perubahan permainan. Jika Anda memiliki warna yang sama dengan air atau lingkungan, Anda akan menyatu," kata Werneth saat berpatroli di Cocoa Beach.

Baca juga : Ilmuwan Temukan Kain yang Dapat Mengirim Peringatan Tenggelam

"Kami juga mempertimbangkan hal ini dengan anak-anak yang hilang. Tidak hanya fakta bahwa warna-warna cerah akan membantu kami menemukan mereka di lingkungan kolam renang atau pantai, tetapi salah satu hal yang penjaga pantai lakukan lebih dari yang lain tetapi kami juga mencari anak-anak yang hilang di pantai," katanya. 

"Jika mereka mengenakan warna cerah, dan jika Anda mengambil foto anak-anak itu sebelumnya, maka kami akan memiliki gambar dan tahu apa yang harus dicari. Jadi, Anda bisa membantu kami - bukan hanya tenggelam yang bisa dicegah, kasus orang hilang juga bisa dicegah."

Uji warna baju renang

Baca juga : Kerja Sama GT Radial-TGRI Berlanjut di MLDSPOT Autokhana

Dok.Natalie Livingston

Alive Solutions, perusahaan yang mengkhususkan diri dalam keselamatan air, melakukan dua percobaan warna baju renang di danau dan kolam renang. 

"Dalam pengujian utama kami kami menggunakan 14 warna berbeda," kata Natalie Livingston, co-founder dan pemilik Alive Solutions, dalam sebuah email.

Baca juga : 2 Balita di Tulungagung Tewas Tenggelam di Kolam Ikan Patin

"Air tidak seperti melihat melalui udara. Bahkan sedikit keadaan permukaan, silau, atau gerakan di air dapat menyebabkan benda dan orang menjadi terdistorsi," katanya. "Keterlihatan di air bisa meningkat atau berkurang tergantung pada warna baju renang atau pakaian."

Livingston, yang telah menjadi penjaga pantai selama lebih dari 25 tahun, melihat anak yang mengenakan baju renang warna gelap atau pastel tampak menghilang. 

Di kolam renang, dengan dasar kolam berwarna terang, pengujian perusahaan menunjukkan neon merah muda dan neon oranye tampaknya paling terlihat. Warna-warna lebih gelap muncul melawan dasar kolam yang terang, tetapi seringkali bisa diabaikan karena bayangan, daun, atau kotoran. Baju renang putih dan biru muda tidak terlihat sejelas itu dan tampaknya benar-benar menghilang di kolam.

"Warna-warna cerah atau biru cenderung terlihat seperti bintik silau atau refleksi awan, atau benar-benar menyatu dengan lingkungan," kata Livingston dalam email.

Di kedalaman 18 inci air danau, pengujian menunjukkan bahwa warna-warna cerah neon - termasuk neon oranye, kuning, dan hijau - paling terlihat melawan dasar danau, tetapi neon merah muda tidak berkinerja baik. Baju renang putih tampak lebih karena pantulan cahaya, tetapi tidak sebanyak warna-warna neon cerah. Semua warna lainnya tidak terlalu terlihat.

Secara keseluruhan, kata Livingston, warna neon menang untuk keterlihatan dalam semua lingkungan.

"Kami telah mendengar dari begitu banyak orangtua yang mengatakan bahwa mereka memiliki anak dalam baju renang berwarna cerah dan warna itu menarik perhatian mereka dari sudut mata mereka dan mereka merespons untuk mencegah kejadian tenggelam," kata Livingston. 

"Tentu saja, warna baju tidak masalah jika tidak ada yang mengawasi secara efektif, tetapi dapat dan memang membantu dalam kemitraan dengan pengawasan efektif dan lapisan pencegahan keselamatan air lainnya."

Keselamatan di Air

Meski masuk akal, tidak ada bukti nyata seorang anak mengenakan banju renang neon menghasilkan hasil yang lebih baik dalam kejadian tenggelam, kata Dr. Maneesha Agarwal, seorang profesor asosiasi pediatri dan kedokteran darurat di Sekolah Kedokteran Emory University.

“Tujuan utamanya adalah Anda bahkan tidak harus bergantung pada warna baju renang anak Anda untuk menemukan mereka dalam kejadian tenggelam sama sekali,” kata Agarwal, menambahkan bahwa keselamatan air yang tepat termasuk berbagai lapisan perlindungan.

“Lapisan penting lainnya termasuk memastikan anak Anda kompeten di air - itu berarti pelajaran renang. Pastikan anak Anda mendapat pengawasan yang baik setiap kali mereka berada di air, yang berarti bahwa orangtua atau dewasa yang ditunjuk mengawasi anak di air,” katanya, menambahkan bahwa penting untuk waspada terhadap tanda-tanda tenggelam. (CNN/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat