visitaaponce.com

Apa yang Diungkapkan oleh Warna Urine tentang Kesehatan Anda

Apa yang Diungkapkan oleh Warna Urine tentang Kesehatan Anda
Ilustrasi- Warnda urine bisa mengindikasikan kondisi kesehatan yang berbeda(Freepik)

APAKAH kamu memperhatikan warna air urinemu? Warna dari urinemu ternyata bisa menunjukan tingkat kesehatanmu loh.

Pigmen urokrom merupakan hemoglobin yang terurai usai disaring ginjal yang memberi warna pada urine anda.  

Seperti yang diketahui, ginjal adalah organ yang menyaring racun dari nutrisi dan menyeimbangkan kadar mineral dalam tubuh anda. Kedua ginjal menyaring sekitar 114 hingga 142 liter darah per hari untuk menghasilkan sekitar 1 hingga 2 liter urine setiap hari.

Baca juga : Ingin Tahu Kondisi Kesehatan Anda? Pantau Warna Urine

Limbah dan kelebihan air yang dihasilkan kemudian melewati salah satu dari dua ureter, tabung kecil yang menghubungkan ginjal ke kandung kemih. Di sana, urine ditahan sampai Anda siap ke kamar mandi. Sementara itu, dua otot sfingter urin yang bertindak seperti karet gelang di sekitar pembukaan kandung kemih menjaga urine agar tidak bocor.

Proses buang air kecil dimulai ketika saraf kandung kemih, yang merasakan kandung kemih penuh, memberi sinyal ke otak Anda perlu pergi. Ini diikuti dengan kandung kemih yang memeras dan mengencangkan untuk mendorong urine melalui uretra. Pada saat yang sama, otak membuat otot sfingter urin rileks untuk membiarkan urine keluar.

Berikut arti dari berbagai warna urine.

Kuning Neon atau oranye

Secara umum, warna urine yang diterima berkisar dari kuning terang hingga kuning gelap, meskipun Anda harus mengarah ke ujung spektrum yang lebih terang. Namun, jangan berlebihan dan berusaha mendapatkan urine yang jernih karena minum terlalu banyak air dapat mengganggu keseimbangan elektrolit dalam darah Anda dan menyebabkan keracunan air.

Baca juga : Diagnos Targetkan Pendapatan Tumbuh dari Dua Layanan Baru

Jika Anda melihat warna kuning neon pada urine Anda, itu bisa berarti asupan vitamin B Anda, termasuk B2 dan B12, berlebihan. Urine oranye, di sisi lain, bisa disebabkan  konsumsi terlalu banyak wortel atau konsumsi antibiotik tertentu atau penghilang rasa sakit untuk infeksi saluran kemih (ISK). Beberapa pencahar dan obat kemoterapi juga dapat menyebabkan efek oranye ini.

Urine Merah atau Pink

Makanan seperti bit mungkin menyebabkan urine Anda tampak merah atau pink. Warna ini berasal dari betanin, zat tidak berbahaya yang sekitar 14% orang tidak mampu diuraikan sebelum meninggalkan tubuh melalui urine.

Menariknya, makan bit bisa membantu Anda mendeteksi kemungkinan kekurangan zat besi. Sebuah studi menemukan sekitar 66%-80% orang dengan anemia yang tidak diobati menghasilkan urine merah atau pink ketika mereka makan bit.

Baca juga : Sudah Benarkah Cara Pipis Anda?

Jika warna kemerahan pada urine Anda bukan disebabkan makanan, itu mungkin merupakan indikasi darah atau hematuria yang disebabkan pembesaran prostat atau batu ginjal. Mengeluarkan darah saat ISK tidak menimbulkan rasa sakit kecuali ada gumpalan, sehingga kerap membuat kita tidak tahu. 

Urine Biru atau hijau

Urine biru kemungkinan disebabkan pewarna makanan biru cerah yang Anda makan. Bila Urine hijau mungkin menunjukkan ISK yang disebabkan bakteri pseudomonas.

Metilen biru, pewarna yang digunakan dalam tes diagnostik untuk ginjal dan kandung kemih, juga dapat menyebabkan efek ini pada urine. Obat lain termasuk yang mengobati depresi, bisul, refluks asam dan gejala arthritis.

Baca juga : Bromat Berlebih pada AMDK Bahayakan Kesehatan

Penyakit keturunan langka yang disebut hiperkalsemia jinak familial atau Sindrom Popok Biru dapat menyebabkan bayi mengeluarkan urine biru. Warna aneh ini dapat ditelusuri ke hiperkalsemia (kelebihan kalsium dalam darah) yang menyebabkan kalsium menumpuk di ginjal. Ginjal yang terganggu tidak dapat memproses triptofan (ditemukan dalam makanan seperti ASI dan penting untuk perkembangan otak), menyebabkan noda urine kebiruan di popok.

Urine Coklat

Urine berwarna coklat dalam mangkuk toilet mungkin menunjukkan kelainan genetik yang dikenal sebagai defisiensi G6PD (glukosa-6-fosfat dehidrogenase).

G6PD adalah enzim yang melindungi sel darah merah dari zat berbahaya, dan defisiensi dapat menyebabkan anemia hemolitik, kondisi di mana sel darah merah pecah lebih cepat daripada yang diproduksi. Banyak individu dengan kondisi ini tidak menyadari mereka memilikinya sampai mereka makan kacang fava dan memicu hemolisis.

Terkadang, urine coklat bisa disebabkan oleh obat-obatan seperti antibiotik, obat sembelit, dan statin penurun kolesterol.

Jika Anda baru saja menjalani sesi gym yang sangat intens dan melihat warna ini di toilet, Anda mungkin mengalami rhabdomyolysis. Ini adalah tanda otot Anda sekarat dan pecah – dan campuran racun yang dihasilkan masuk ke aliran darah dan ginjal Anda. Ini adalah keadaan darurat yang memerlukan perhatian dokter segera.

Urine Keruh

ISK biasanya menjadi penyebabnya. Kekeruhan pada urine berasal dari keluarnya nanah atau darah ke saluran kemih. Ini juga bisa menjadi penumpukan sel darah putih – indikasi bahwa tubuh sedang mencoba menghilangkan bakteri penyebab ISK. (CNA/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat