visitaaponce.com

Alonso Sebut Pengalaman akan Beri Dirinya Keuntungan Besar

Alonso Sebut Pengalaman akan Beri Dirinya Keuntungan Besar
Pembalap tim Formula 1 Alpine Fernando Alonso(AFP/Antonin Vincent )

JUARA dunia Formula 1 (F1) dua kali Fernando Alonso yakin usia dan pengalamannya di dunia balap akan memberinya keuntungan di ajang F1 musim 2022. 

Setelah pensiunnya Kimi Raikkonen pada akhir musim 2021 lalu, Alonso akan menjadi pembalap tertua di F1 dengan usianya yang sudah memasuki 40 tahun.

Kembali mengaspal pada musim lalu bersama tim Alpine, Alonso, yang sebelumnya sempat menepi selama dua tahun, telah membuktikan dirinya masih cukup kompetitif. 

Baca juga: Schumacher Ingin Tampil Lebih Baik di Formula 1 Musim 2022

Dalam perjalanannya di musim 2021, Alonso berhasil mencetak podium di Qatar dan membantu Alpine meraih tempat kelima di klasemen konstruktor.

"Dari segi umur, saya merasa baik-baik saja. Jujur, saya justru merasakan keuntungan," kata Alonso dikutip dari Crash, Senin (24/1).

“Ketika saya datang ke sebuah sirkuit, saya sudah tahu sirkuitnya. Sekarang semua orang menguji ban 18 inci dan saya sudah tahu betul ban ini dari WEC. Jadi semua hal yang saya hadapi, saat orang lain baru melakukannya untuk pertama kali, bagi saya ini adalah kedua atau ketiga kalinya. Ini bagus," terangnya.

Seiring diberlakukannya regulasi teknis baru, tahun depan, mobil F1 akan menggunakan ban ukuran 18 inci, setelah beberapa dekade F1 menggunakan ban ukuran 13 inci.

Dengan musim 2022 yang akan menjadi salah satu musim terpanjang, terdiri dari 23 seri balapan, Alonso menyatakan dedikasi menjadi tantangan besar yang untuk musim ini, saat dia akan menghabiskan sebagian besar tahun untuk berpergian dan membalap.

"Satu-satunya masalah untuk menjadi lebih tua adalah Anda harus memiliki motivasi untuk memasuki musim yang yang padat. Anda harus memiliki keinginan itu, Anda harus memiliki gaya hidup yang memungkinkan Anda mendedikasikan diri untuk olahraga ini," tuturnya

"Beruntungnya saya berada dalam momen dalam hidup saya ingin mendedikasikan hidup saya untuk F1, itu fantastis. Saya pikir saya hanya melihat banyak keuntungan untuk musim depan," jelasnya.

Persiapan Alonso untuk F1 musim 2022 terhambat oleh kecelakaan bersepeda saat berlatih awal tahun lalu yang membuatnya patah rahang dan perlu memasang pelat titanium.

Awal bulan ini, Alonso menjalani operasi kedua yang sukses untuk melepas pelatnya. Setelah periode pemulihan kecil, ia akan melanjutkan pelatihan menjelang musim baru.

Berbicara terkait apakah kondisinya memungkinkan untuk menjalani tes pramusim yang akan digelar di Bahrain bulan Maret mendatang, Alonso dengan tegas menyatakan siap.

“Saya sangat kuat, saya siap. Bahkan saya bisa memulai musim pekan depan di Bahrain," tukasnya. (Crash/OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat