visitaaponce.com

Cegah Kemacetan di MotoGP Mandalika, Kemenhub Prioritaskan Kendaraan Umum

Cegah Kemacetan di MotoGP Mandalika, Kemenhub Prioritaskan Kendaraan Umum
Foto udara Mandalika International Street Circuit yang berlokasi di Lombok Tengah, NTB.(Antara)

KEMENTERIAN Perhubungan (Kemenhub) akan mengutamakan pemakaian angkutan umum saat perheletan MotoGP Mandalika di Nusa Tenggara Barat pada 18-20 Maret 2022.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi menjelaskan bahwa langkah tersebut sebagai upaya penertiban lalu lintas di sekitar Kota Mataram.

Baca juga: Jokowi Putuskan Kurangi Penonton GP Mandalika Jadi 60 Ribu Orang

"Kami akan optimalisasi penggunaan angkutan umum. Artinya, ini akan menjadi backbone utama transportasi di Mataram, sampai di kawasan utama pada saat kegiatan MotoGP," ujar Budi saat konferensi pers virtual, Selasa (1/3).

Dengan mengutamakan kendaraan umum seperti bus, pihaknya bisa mengatur lalu lintas di kawasan tersebut. Sehingga, kemacetan parah akibat menumpuknya penonton MotoGP Mandalika, dapat dihindari.

"Kami mengatur ini supaya ada shifting dari penonton utama untuk menggunakan angkutan umum, sebagai transportasi ke dalam lokasi MotoGP," imbuh Budi.

Baca juga: Atmosfer MotoGP Mandalika Bisa Dirasakan di Jakarta

Untuk mengangkut penonton MotoGP, Kemenhub menyiapkan 278 unit bus. Terdiri 27 unit bus besar, 70 unit bus sedang dan 181 unit bus kecil dari berbagai simpul transportasi.

"Di antaranya, diangkut dari Pelabuhan Gilimas, Pelabuhan Lembar, Pelabuhan Kayangan, Bangsal, hingga pusat kota Mataram," jelasnya.

Kemenhub optimistis langkah tersebut dapat mengurangi kemacetan di kawasan Sirkuit Mandalika. Dalam hal ini, dengan membatasi kendaraan pribadi dan sepeda motor.(OL-11)


 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat