visitaaponce.com

Infrastruktur Transportasi Berkembang, Bogor Jadi Destinasi Hunian Terpopuler

Infrastruktur Transportasi Berkembang, Bogor Jadi Destinasi Hunian Terpopuler
Ilustrasi pembangunan perumahan di Bogor(MI)

PENINGKATAN infrastruktur transportasi telah membuat Bogor semakin mudah dijangkau dari Jakarta. Faktor-faktor seperti aksesibilitas, perkembangan infrastruktur, dan kualitas udara yang relatif lebih baik dibandingkan dengan Jakarta, menjadikan Bogor sebagai pilihan menarik bagi mereka yang mencari tempat tinggal yang nyaman dan terjangkau.

Perkembangan infrastruktur di Bogor, seperti pembangunan jalan tol Serpong-Bogor via Parung, telah meningkatkan daya tarik kawasan ini bagi calon pembeli rumah. Infrastruktur yang baik mempermudah akses dan mobilitas, sehingga Bogor menjadi pilihan utama bagi mereka yang mencari hunian di area sekitar Jabodetabek

Head of Research Rumah123 Marisa Jaya menyampaikan, Bogor merupakan salah satu wilayah yang paling konsisten dalam hal pertumbuhan harga hunian tertinggi. Menurut laporan dari Rumah123, permintaan hunian di Bogor meningkat 27% pada akhir 2023. Selain itu, harga hunian di Bogor mengalami pertumbuhan tertinggi di Jabodetabek, dengan kenaikan sebesar 3,2% pada kuartal pertama 2024

Baca juga : Tahun Ini Harga Rumah Naik Tipis

"Pasar hunian di Bogor dan Denpasar cenderung stabil dan tidak terpengaruh momen Ramadan dan Lebaran.Secara tidak langsung, hal tersebut menunjukkan bahwa pasar properti di Bogor dan Denpasar mengalami perkembangan yang bagus sehingga keduanya sangat potensial untuk dijadikan investasi properti," ungkap Marisa beberapa waktu lalu.

Adapun, permintaan hunian di Bogor didominasi oleh kelas menengah, dengan harga rumah antara Rp400 juta hingga Rp1 miliar menjadi pilihan utama. Hal ini menunjukkan bahwa Bogor menjadi destinasi favorit bagi keluarga muda dan profesional yang mencari hunian dengan harga terjangkau namun tetap memiliki akses yang baik ke pusat kota​. 

"Semakin banyak orang tertarik menjadikan Bogor sebagai lokasi tempat tinggal, seiring minat mereka yang tinggi terhadap proyek-proyek perumahan yang dikembangkan beberapa pengembang terkemuka. Tingginya permintaan juga dipengaruhi oleh keinginan memiliki rumah dengan harga yang lebih terjangkau, lingkungan yang lebih asri, dan akses yang mudah ke pusat kota," jelas dia. 

Baca juga : KLHK Prediksi Penurunan Kualitas Udara Jabodetabek Tahun Ini Tak Separah 2023

Direktur MAS Group M Adhiguna Sosiawan menyampaikan, Bogor kini memang jadi destinasi favorit warga Jakarta pindah. Udaranya yang sejuk dan jumlah ruang terbuka hijau yang lebih banyak juga jadi daya tarik.

"Selain itu kini infrastruktur di Bogor juga makin berkembang," kelas Adhiguna.

Menurut dia, masih tingginya urgensi keperluan memilki rumah yang terjangkau bagi generasi Milenial dan Gen Z tentunya membuat potensi pasar properti tetap besar. MAS group juga punya cerita sukses dengan pengembangan dua hunian di Bogor. Sehingga kini, dengan mengusung konsep Korea, pihaknya kembali meluncurkan kawasan Aerum Park dengan pengembangan wilayah seluas 15,7 hektar di Bogor. 

Baca juga : Infrastruktur Berkembang, Timur Jakarta Menjadi Magnet Hunian

Lokasi Strategis

Adhiguna menambahkan selain lokasi Areum Parc yang strategis, saat ini juga berkembang pesat dari segi akses infrastruktur, pendidikan dan area komersil. Dalam pengembangannya, total unit Areum Parc ada 934 unit yang terdiri dari 4 tipe dengan harga mulai Rp475 juta.

"Untuk tahap early bird ini, tentunya akan berlaku harga spesial yang tidak didapatkan saat harga sudah normal. Selain itu subsidi biaya KPR hingga 5% sehingga sangat meringakan para konsumen yang ingin mengajukan skema kredit bank.

Sementara GM Business and Development MAS Group Irvandy memaparkan bahwa luas lahan Areum Parc sebesar 15,7 hektar dan dalam tahap awal akan dipasar satu cluster yang terdiri dari 245 unit rumah dengan luas. Irvandy menambahkan, konsep gaya Korea ini menawarkan lebih dari 10 fasilitas, selain itu juga ada club house, thematic park, tennis court hingga triple gate system yang megah dan terkonsep.
 
“Semua ini ini ditunjang dengan posisi lokasi Areum Parc yang dikelilingi lingkungan yang hijau sehingga menunjang aktifitas gaya hidup yang sehat, mewah dan indah sebagaimana 3 kunci dari Korean Dreams,” imbuhnya. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat