visitaaponce.com

LifterRahmat Erwin Raih Medali Emas di SEA Games Vietnam

Lifter Rahmat Erwin Raih Medali Emas di SEA Games Vietnam
Lifter Indonesia Rahmat Erwin Abdullah melakukan angkatan 'clean and jerk' pada final angkat besi nomor 73 Kg putra SEA Games 2021.(ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

LIFTER Indonesia Rahmat Erwin Abdullah mampu mempertajam rekornya saat meraih medali emas kelas 73 kg putra di SEA Games 2021 Vietnam, Sabtu (21/5). 

Berlaga di Hanoi Sports Training and Competition Center, mencatatkan total angkatan 345kg dengan snatch 155kg dan clean and jerk 190kg.

Catatan tersebut sekaligus melampaui rekor SEA Games Filipina atas namanya sendiri di kelas tersebutdengan angkatan snatch 145kg, clean and jerk 177kg, dan total angkatan 322kg.

"Saya senang bisa kembali dapat emas. Tetapi saya mempunya target sendiri sebelum berangka ke SEA Games ini," kata Erwin di Hanoi, Sabtu (21/5).

Baca juga: Persembahkan Emas, Voli Pantai Indonesia Berambisi Tampil di Paris 2024

Pada SEA Games ke-31 ini, peraih perunggu Olimpiade Tokyo 2020 itu berambisi mencoba memecahkan rekor dunia clean and jerk (198 kg) milik lifter Tiongkok, Shi Zhiyong.

Namun Rahmat gagal melakukan angkatan seberat 200kg pada kesempatan ketiga.

Kepala Bidan Pembinaan Prestasi Pengurus Besar Persatuan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PB PABSI), Hadi Wihardja mengatakan, ambisi memecahkan rekor dunia yang dilakukan Rahmat sudah direncanakan sejak latihan persiapan.

Bahkan saat latihan pada Maret 2022, dia mampu menembus angkatan 200 kg. Namun, saat itu berat badan Rahmat 75 kg atau lebih dari 2 kg dari kelas yang diikuti.

"Saat badan Rahmat masih overwight, 200 kg ini tembus. Jadi, kami memutuskan untuk mencoba angkatan ini pada SEA Games saat badan Rahmat sudah ideal. Tapi tidak apa-apa (gagal), inilah tahapan yang harus dilalui Rahmat," kata Hadi. (Mal/OL-09)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat