visitaaponce.com

Empat Final Sesama Indonesia Tersaji di Kejuaraan Internasional Para Badminton

Empat Final Sesama Indonesia Tersaji di Kejuaraan Internasional Para Badminton
Pebulu tangkis Indonesia Warining Rahayu (atas) berpeluang merebut gelar juara pada laga final, Sabtu (27/8) besok.(MI/ARDI/HO)

ATLET-altet para bulu tangkis Indonesia yang berlaga di ajang FOX's Para Badminton International 2022 berhasil tampil cemerlang.

Dalam partai semifinal yang diselenggarakan di GOR Among Rogo, Yogyakarta, Jumat (26/8),  20 wakil tuan rumah berpeluang besar meraih gelar juara. Bahkan, terdapat empat All Indonesian Finals yang akan tersaji pada Sabtu (27/8) besok.

Salah satu final sesama Indonesia terjadi di nomor ganda campuran SL 3- SU 5 yang mempertemukan Fredy Setawan/Khalimatus Sadiyah dengan Hafizh Brillansyah Prawiranegara/Syakuroh Qonitah Ikhtar.

Fredy/Khalimatus sukses melaju ke final usai bertanding tiga gim dengan pasangan India, Karan Paneer/Neeray 24-22, 19-21, 21-11. Sementara Hafizh/Qonitah menjejakkan kaki di partal puncak setelah menang atas rekan senegara Hikmat Ramdani/Priyant Lia 21-14, 21-13.

Meski menang dan melaju ke babak final, Fredy mengaku energinya terkuras.

"Memang pertandingan-pertandingan yang saya lalui di babak semifinal ini sangat melelahkan. Saya akui sempat kehilangan fokus, terutama waktu main tunggal tadi," tutur atlet kelahiran Solo, Jawa Tengah, 29 November 1991 ini.

"Untuk itu, jelang final, saya perlu tstirahat yang cukup agar bisa lebih siap lagi dan fokus di pertandingan final besok," terang peraih perunggu Paralimpiade Tokyo 2020 ini.

Tak hanya di sektor ganda campuran, Fredy juga melaju ke babak final di nomor tunggal putra SL 4. Dia sudah ditunggu oleh rekan senegara, Hikmat Ramdani, yang pada semifinal menang atas Chee Hiong Ang dari Singapura dengan skor 21-13, 21-10 dalam tempo 25 menit.

Fredy dan Hikmat pernah bertemu di final Pekan Paralimpik Nasional XVI Papua. Pertandingan itu dimenangi oleh Hikmat. Kemudian Fredy sukses membalas di ASEAN Para Games 2022.


Baca juga: Ukun Rukaendi Lolos ke Final FOX's Para Badminton International 2022


"Ya memang sudah dua kali bertemu Hikmat. Makanya persiapan mental juga penting di (final) tunggal nanti," jelasnya.

Atlet Merah Puth juga berjaya di kelas kursi roda WH 2. Dominasi di sektor ini sudah terlihat sejak babak empat besar yang diisi oleh tiga wakil Indonesia yakni Agus Budi Utomo, Wiwin Andri, dan Supriadi.

All Indonesian Finals di nomor ini terjadi setelah Wiwin Andri mengalahkan Agus Budi Utomo dengan 21-17, 21-17. Calon lawannya di final, Supriadi, juga mengalahkan unggulan satu asal Australia, Grant Manzoney, dengan skor 21-19, 21-3.

"Dia (itu) cukup powerful, tenaganya kuat. Jadi kalau bicara persiapan, saya hanya bisa mengatakan banyak-banyak tstirahat biar bisa main
maksimai," jelas Supriadi mengomentari calon lawannya di final.

Satu final sesama Indonesia lainnya terjadi di nomor ganda putra SL 3-SL 4 yang mempertemukan pasangan Dwiyoko/Fredy Setawan dengan Ukun Rukaendi/Harry Susanto.

Dwiyoko/Fredy melaju ke final setelah memenangi duel dengan ganda Indonesia-Australia, Roziqin Khoirur/Wojtek Czyz, sedangkan Ukun/Harry berhasil mengalahkan Maman Nurjaman/Hikmat Ramdani.

Pada kategori yang menggunakan sistem round robin, sejumlah wakil Indonesia menempat posisi teratas dan berpeluang memboyong gelar juara.

Di kategori tunggal putri SU 5, terdapat nama Warining Rahayu yang menempat peringkat pertama dengan tiga poin yang unggul atas rekan senegara Khalimatus Saidyah, pebulu tangkis Australia, Caitlin Dransfield dan Koshika Devda (India).

Warining hanya perlu memenangi pertandingan melawan Caitlin pada Sabtu (27/8) untuk menyegel gelar juara.

Pada tunggal putri SH 6, peraih medali emas APG 2022, Rina Marlina, kokoh di puncak klasemen sementara. Rina akan menghadapi Daria
Buynicka asal Polandia pada Sabtu (27/8) Bila memenangi pertandingan ini, Rina sukses melanjutkan laju impresif yang selalu mendulang medali usai debut di Dubai beberapa waktu lalu. (OL-16)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat