visitaaponce.com

Kisah Medina Warda Aulia, Raih Gelar GM Catur Putri di Usia 16 Tahun

Kisah Medina Warda Aulia, Raih Gelar GM Catur Putri di Usia 16 Tahun
Pecatur Medina Warda Aulia(MI/Mesakh Ananta Dachi)

MEDINA Warda Aulia adalah pecatur putri asal Indonesia yang berhasil mendapatkan gelar Grand Master pada 2013, saat berusia 16 tahun 2 bulan. Grand Master adalah gelar tertinggi yang bisa didapatkan pecatur.

Medina mengaku, untuk mendapatkan gelar tersebut, dia berlatih setiap hari, dari Senin hingga Minggu.

“Perasaan pasti senang dan bangga, bisa dapat gelar itu, apalagi sebagai yang termuda. Dan pengorbananku latihan dari Senin sampai Minggu, benar benar terbayarkan, mendapatkan gelar Grand Master,” ujar Medina dalam acara Metro Sport Podcast, Kamis (13/10).

Baca juga: 20 Negara Ikuti Asian Youth Chess Championship

Medina mengungkapkan untuk mendapatkan gelar Grand Master dibutuhkan rating dari Federasi Catur Dunia (FIDE) yang disebut rating ELO dengan skor 2.500.

ELO disetujui menjadi standar rating pecatur internasional oleh FIDE) pada 1970. Sistem ini dicanangkan oleh seorang fisikawan Prof Arpad Emmerich Elo yang juga adalah seorang pecatur asal Hungaria yang kemudian pindah ke Amerika Serikat (AS_.

Medina mengungkapkan bahwa rating ELO bersifat fluktuatif. Namun, gelar yang sudah didapatkan bersifat permanen atau tidak dapat dicabut.

“Iyah, ELO itu menunjukkan performa pecatur di waktu itu. Kalau dia naik, berarti dia sering menang. Kalau dia turun, berarti beberapa pertandingan kalah. Dan itu ditentukan oleh FIDE. Namun, walaupun rating ELO kita di bawah 2.500, kita tetap berstastus Grand Master. Itu karena untuk gelar, sifatnya permanen,” ujar Medina.

Melansir dari laman FIDE, Medina kini memiliki rating ELO sebesar 2.369

Lebih lanjut, Medina juga menjelaskan bahwa perempuan dapat bersaing untuk mendapatkan gelar Grand Master di nomor putra. Saat ini, Medina mengaku sedang berusaha memperoleh gelar tersebut.

“Saat ini, aku sudah International Master Putra dan sudah dapat Grand Master putri. Pastinya, sekarang, aku fokus mau dapat Grand Master putra. Cuma, aku sejalannya saja tanding sama latihan yaitu menargetkan sesuatu tapi tetap sejalannya aja. Karena aku sadar, untuk dapat Grand Master putra, harus benar benar fokus, sedangkan aku masih ada tesis dan kehidupan lainnya di luar,” imbuh Medina.

Berikut gelar yang didapatkan pecatur berdasarkan rating ELO.

2700+ : Juara Dunia
2500 - 2700 : Grand Masters (GM)
2400 - 2500 : International Masters (IM)
2300 -2400 : FIDE Masters (FM)
2200 - 2300 : FIDE Candidate Masters (CM)
2000 - 2200 : Candidate Masters
1800 - 2000 : Class A, category 1
1600 - 1800 : Class B, category 2
1400 - 1600 : Class C, category 3
1200 - 1400 : Class D, category 4 (OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat