visitaaponce.com

20 Negara Ikuti Asian Youth Chess Championship

20 Negara Ikuti Asian Youth Chess Championship
Sesi foto di konferensi pers Asian Youth Chess Championship (AYCC) 2022 di Jakarta, Minggu (9/10).(MI/BUDI ERNANTO)

SEBANYAK 20 negara akan mengikuti Asian Youth Chess Championship (AYCC) 2022 yang akan digelar di Bali, 13-22 Oktober. Sementara jumlah peserta seperti disebutkan Percasi mencapai 400 pecatur.

Ada 6 nomor yang yang dipertandingkan, yaitu U-8, U-12, U-14, U-16, dan U-18. "Lawan berat kita nanti datang dari Vietnam dan India. Tiongkok juga, tapi mereka sedang punya kebijakan tidak mengirimkan atlet. Kami optimistis pecatur Indonesia akan berprestasi nanti," kata Ketua Umum Percasi GM Utut Adianto di Jakarta, Minggu (9/10).

Adapun negara yang akan datang ke Bali termasuk Indonesia, ialah Australia, Banglades, Taiwan, Hong Kong, India, Iran, Kazakhstan, Malaysia, Maladewa, Mongolia, Myanmar, Selandia Baru, Filipina, Singapura, Sri Lanka, Tajikistan, Thailand, Uzbekistan, dan Vietnam. Utut mengatakan untuk beberapa nomor, Mongolia dan Filipina wajib diwaspadai.

Baca juga: Kesehatan Mental Adalah Fondasi untuk Masa Depan Anak

Utut menambahkan, AYCC akan menjadi kejuaraan internasional terbesar pertama yang diselanggarakan Percasi setelah adanya pandemi covid-19. Karena itu menggelarnya diakui bukan perkara mudah.

"Meyakinkan peserta untuk mau datang dan bertanding dalam situasi seperti ini tidak mudah. Banyak yang masih ragu, namun kami terus bersaha untuk melakukan pendekatan yang lebih intens, dan hasilnya hamir semua negara bisa ikut ambil bagian," kata Dwi Hatmisari Ambarukmi selaku Ketua Panitia AYCC.

Selain kompetisi, AYCC juga menjadi momen pelatihan bagi para wasit untuk mendapatkan gelar internasional dan pelatihan untuk para pelatih catur. Namun, kedua acara itu hanya akan diikuti oleh wasit dan pelatih asal Tanah Air. (R-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat