visitaaponce.com

Durasi Proliga Jadi Perhatian Presiden FIVB

Durasi Proliga Jadi Perhatian Presiden FIVB
Pebola voli putri Bandung BJB Tandamata Madeline Jazmin Guillen Paredes (kedua kanan) melepaskan smes.(ANTARA/RIZAL HANAFI)

PENDEKNYA waktu penyelenggaraan Proliga menjadi catatan Presiden Federasi Bola Voli Internasional (FIVB) Ary da Silva Graca Filho dalam kunjungannya ke Indonesia dalam baru-baru ini. 

Menurutnya, jadwal kompetisi Proliga terbilang singkat karena digelar hanya tiga bulan dan jumlah tim pesertanya juga tidak banyak, terutama sektor putri yang hanya ada enam tim. Sedangkan di sektor putra ada delapan tim peserta.

“Kalau bisa jumlah tim lebih banyak sehingga kompetisi juga berlangsung lebih panjang. Itu akan sangat bagus untuk pengembangan pemain kedepannya,” kata Graca Filho akhir pekan lalu.

Baca juga: Juara Beruntun, Bandung Bjb Tandamata Sabet Gelar Keempat Proliga

Graca Filho tidak menyebut jumlah ideal tim peserta kompetisi bola voli karena hal itu sangat tergantung kondisi suatu negara. “Bisa masing-masing sepuluh atau lebih, tergantung. Makin banyak akan makin bagus untuk pembinaan pemain dan masa depan tim nasional,” tambahnya.

Dia menambahkan FIVB akan siap membantu pengembangan bola voli Indonesia agar bisa bersaing hingga kancah internasional, tidak hanya kawasan Asia Tenggara. Apalagi kualitas kompetisi bola voli di Indonesia sudah cukup bagus, termasuk kehadiran pemain-pemain asing kelas dunia, baik bagian putri maupun putra.

Baca juga: Bandung Bjb Tandamata Segel Tiket Final Proliga 2023

“Indonesia sudah banyak dapat medali di Asia Tenggara, harus bisa naik ke level internasional, kejuaraan Asia, dunia atau Olimpiade,” ujar Ary Graca.

Sementara Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI), Imam Sudjarwo berterima kasih atas perhatian dan masukan dari Presiden FIVB dalam meningkatkan prestasi bola voli Indonesia agar bisa bersaing ke level lebih tinggi.

“Cita-cita kita memang ingin bola voli Indonesia bisa tampil di Olimpiade. Tentu diperlukan pembinaan yang bagus dan berjenjang, termasuk soal kompetisinya,” katanya.

Mengenai kompetisi Proliga, Imam memberi bocoran bahwa kompetisi musim depan rencananya ada penambahan dua tim baru di sektor putri sehingga jumlah peserta menjadi delapan tim, sama dengan peserta di sektor putra.

“Kalau soal jadwal kompetisi musim ini yang pendek hanya tiga bulan, itu karena terbentur Ramadan. Setelah itu ada SEA Games pada bulan Mei, terus kejuaraan Asia pada Agustus,” jelasnya. (PBVSI/Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat