visitaaponce.com

PSSI Justin Hubner Masuk Timnas Belanda, Tapi Pilih Bela Timnas Indonesia

PSSI: Justin Hubner Masuk Timnas Belanda, Tapi Pilih Bela Timnas Indonesia
Pesepakbola Ivar Jenner (kiri) dan Justin Hubner calon pemain naturalisasi timnas Indonesia saat ditemui di Jakarta.(MI/Briyanbodo)

PERSATUAN Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) meyakini proses naturalisasi pesepakbola Justin Hubner tetap bisa berjalan, meskipun sang pemain bakal memperkuat Tim U-20 Belanda di laga uji coba.

Di rapat bersama Komisi X, rekomendasi naturalisasi Hubner bersama Ivar Jenner, Rafael Struick telah disetujui dan akan segera di proses di sidang paripurna DPR RI.

Wakil Ketua Umum PSSI Ratu Tisha menjelaskan, PSSI telah berkomunikasi dengan Asosiasi Sepakbola Kerajaan Belanda (KNVB). Secara legal, Justin Hubner memang sudah setuju membela Timnas Indonesia. "Secara consent legal dia sudah setuju (gabung Indonesia). Jadi pegangannya dokumen legal," ujar Ratu Tisha, saat ditemui usai Rapat Kerja di Komisi X DPR RI, Jakarta, Senin (20/3).

Baca juga : DPR Setujui Naturalisasi 3 Pemain Timnas Sepakbola dan 1 Pemain Basket

Hubner bersama Rafael Struick, dan Ivar Jenner dipanggil pelatih Shin Tae-yong dalam pemusatan latihan Tim U-20 Indonesia yang dimulai hari ini, Senin (20/3). Kendati demikian, Hubner dikabarkan akan memperkuat Tim U-20 Belanda di saat pemusatan latihan Tim U-20 Indonesia berlangsung. Bek Wolverhampton Wanderers U-21 itu akan bermain dalam laga uji coba melawan Prancis pada 25 Maret 2023.

Tisha tak mempermasalahkan keputusan Hubner untuk memperkuat Belanda U-20 di laga uji coba. Sebab, dalam aturan FIFA masih dibolehkan sang pemain pindah warga negara meski sudah bermain di negara lain.

“Jadi, kami ngomong berdasarkan pasal. Berdasarkan peraturan FIFA tidak ada masalah ada di Pasal 9 menyebut bahwa sebelum berusia 20 tahun itu (membela timnasnya lalu pindah warga negara) tidak masalah,” ucap Tisha

Dalam rapat yang berlangsung Senin (20/3), Hubner tidak hadir. Sementara Ivar Jenner dan Rafael Struick hadir secara virtual. Komisi X DPR menyetujui rekomendasi tiga pemain naturalisasi itu jelang Piala Dunia U-20 2023. Keputusan itu diambil Komisi X DPR dalam Rapat Kerja dengan Plt Menpora Muhadjir Effendy bersama PSSI.

Ketiga pemain keturunan itu diharapkan bisa semakin menguatkan skuad Timnas U-20 Indonesia yang akan tampil di Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia, 20 Mei hingga 11 Juni mendatang.

"Proses masih berjalan dan ini bukan perkara jadwal tapi perkara proses. Mereka bertiga sudah setuju dan proses ini dimulai. Selanjutnya kita lihat nanti hasilnya bagaimana," kata Tisha.

Di tempat berbeda, Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri menjelaskan Justin Hubner absen di rapat bersama Komisi X karena menjalani sesi latihan.

"Kalau tidak salah, Justin Hubner tadi sedang latihan. Jadi, mereka hadir secara online, tapi hanya dua yang hadir," kata Indra Sjafri. (Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat