visitaaponce.com

Komite Olimpiade Indonesia Serukan Kampanye StandforIndonesianSport

Komite Olimpiade Indonesia Serukan Kampanye #StandforIndonesianSport
Ketua KOI Raja Sapta Oktohari(MI/Vicky)

KOMITE Olimpiade Indonesia (KOI/NOC Indonesia) bersama 67 cabang olahraga anggota menyerukan gerakan #StandforIndonesianSport sebagai respons menyikapi perkembangan dunia olahraga Tanah Air buntut pembatalan Piala Dunia U-20.

KOI serta semua anggota cabor menegaskan semangat Piagam Olimpiade yang mengedepankan perdamaian serta menolak diskriminasi di pentaa olahraga.

"Olahraga harus dipisahkan dengan politik. Tidak boleh ada diskriminasi karena DNA Olimpiade adalah nondiskriminasi. Semangat Olympism harus kita suarakan kepada seluruh masyarakat Indonesia," kata Ketua KOI Raja Sapta Oktohari ketika menggelar pertemuan dengan cabor anggota sekaligus siaturahmi buka puasa di Jakarta, Jumat (31/3).

Pernyataan itu disampaikan menyusul gagalnya Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 usai polemik penolakan tim Israel. Oktohari menyinggung agar ke depan jangan sampai terjadi lagi.

"Jangan pupuskan mimpi dan harapan anak-anak kita yang sudah latihan berpeluh keringat dan mengorbankan waktunya agar Indonesia Raya dapat berkumandang dan Merah Putih berkibar tinggi di seluruh penjuru dunia," ujarnya.

"Para ketum federasi nasional yang hadir dari cabang Olimpiade dan non-Olimpiade semuanya sepakat bahwa olahraga di indonesia harus dijalankan tanpa diskriminasi. Kami memiliki hastag StandForIndonesianSport,” sambungnya.

Okto menyinggung semangat Presiden Joko Widodo yang sangat ingin melihat olahraga Indonesia bisa terus meningkatkan harga diri bangsa.

Presiden Jokowi, ujar Okto, selama ini melihat olahraga bisa memberikan energi positif yang dapat disebarkan ke dunia. Pesan itu juga disampaikan ketika pertemuan G20 di Bali yang dihadiri Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach.

Terlebih, Indonesia ingin menjadi tuan rumah Olimpiade 2036 di Ibu Kota Nusantara.

"Presiden IOC Thomas Bach yang mendapat undangan langsung di G20 memuji langsung bagaimana Presiden Joko Widodo yang mendukung netralitas dalam olahraga dan bagaimana Olimpiade dapat menyatukan perdamaian dunia," ujar Okto. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat