visitaaponce.com

Ini Tiga Arahan Presiden Joko Widodo Untuk Dito Ariotedjo Sebagai Menpora Baru

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Dito Ariotedjo sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) baru menggantikan Zainudin Amali, Senin (3/4). Dito membeberkan tiga arahan dari Presiden, salah satunya segera menyiapkan tim Indonesia untuk ajang SEA Games dan Asian Games dengan efisien.

"Pertama Pak Presiden ingin di agenda event SEA Games dan Asian Games kita memprioritaskan cabor-cabor yang memiliki potensi medali. Jadi harus efisien, tetapi kita mendapatkan hasil medali yang terbaik," kata Dito seusai pelantikan.

Dito menyampaikan bakal meneruskan persiapan sejumlah ajang olahraga internasional di Tanah Air antara lain Piala Dunia Bola Basket FIBA 2023 di Jakarta dan World Beach Games di Bali.

Baca juga : Jadi Menpora, Dito Lepas Jabatan di RANS

Dito berjanji memastikan segera berkomunikasi dengan berbagai pemangku kepentingan terkait World Beach Games di Bali agar pelaksanaannya bisa berjalan dengan lancar menyusul pengalaman pahit dicoretnya Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20

Ia sepakat dengan pesan Presiden Jokowi agar olahraga dan politik tidak boleh dicampuradukkan.

Baca juga : Menpora Baru Diharapkan Gerak Cepat Jelang SEA Games

"Melihat pengalaman kemarin U-20 (penolakan) Israel, pasti per hari ini saya akan coba bicara ke seluruh stakeholder yang ada. Semoga kita bisa memastikan kelancaran jalannya dan juga menimbulkan titik temu," ucapnya.

"Saya sesuai dengan apa yang sudah dibicarakan Pak Presiden bahwa harus dipisahkan kedua hal itu (politik dan olahraga), walaupun hal ini adalah sesuatu kompleksitasnya tinggi, tapi memang kita akan usahakan yang terbaik," tandasnya.

Kedua, imbuh Dito, Presiden ingin agar liga-liga olahraga secara masif digalakkan hingga level pendidikan sekolah dan kuliah. "Juga untuk rakyat kita diminta untuk menggalakkan liga antarkampung," ujarnya.

Selain itu, Dito mengungkap Presiden menginginkan agar industri olahraga di Tanah Air terus dikembangkan hingga maju. 

"Pak Presiden sangat peduli dan ingin ekosistem sport industry Indonesia ini makin maju dan makin established," tambahnya.

Untuk sektor kepemudaan, kata Dito, Presiden ingin agar pengembangan pemuda diarahkan ke kewirausahaan dan profesionalitas dengan capaian indeks pembangunan pemuda yang naik. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat