visitaaponce.com

Beban Akomodasi PON XXI 2024 Aceh-Sumut akan Ditanggung Bersama

Beban Akomodasi PON XXI 2024 Aceh-Sumut akan Ditanggung Bersama
Pekerja melaklukan renovasi bangunan Stadion Harapan Bangsa untuk PON XXI 2024 Aceh-Sumut di Banda Aceh Antara(ANTARA FOTO/Ampelsa)

BEBAN akomodasi PON XXI 2024 Aceh-Sumatera Utara akan ditanggung bersama antara pemerintah daerah dengan pemerintah pusat.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan bahwa pihaknya telah memastikan bahwa beban akomodasi atlet yang mengikuti PON XXI Aceh-Sumut akan ditanggung bersama.

"Kebutuhan anggaran akomodasi dan akan dilakukan sharing cost sebesar 50 persen untuk pemerintah daerah dan 50 persen pemerintah daerah yang mengirim peserta PON," kata Muhajir di Rakor Tingkat Menteri tentang Persiapan PON Aceh-Sumut di Kemenko PMK, Jakarta Pusat, Selasa (14/5).

Baca juga : Menpora Tegaskan PON 2024 Tetap Digelar di Aceh dan Sumut

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengatakan bahwa pihaknya akan segera menyampaikan hal tersebut kepada sejumlah kepala daerah yang akan mengirimkan atlet untuk mengikuti PON.

"36 daerah yang tidak punya revenue fund, tolong biaya sharing 50%, tadi baru dapat angka 400 ribu per orang, baik atlet maupun official," kata Tito.

"Jadi nanti masing-masing daerah agar menghitung bahwa 200 ribunya akan ditanggung oleh provinsi, dalam hal ini gubernur 36 provinsi. Artinya harus segera dialokasikan di APBD, termasuk APBD perubahan," imbuhnya.

Baca juga : Dorong Atlet Mini 4WD Berprestasi di PON 2024

Di sisi lain, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo menegaskan bahwa para atlet yang berprestasi akan mendapatkan penghargaan tersendiri dari para kepala daerah.

"Pasti yang sudah-sudah, bisa dilihat dari sebelumnya para pendapat medali ini, biasanya mendapatkan reward, apresiasi tambahan dari kepala daerahnya masing-masing," kata Dito.

Ajang PON, lanjut Dito, merupakan salah sarana pencarian bakat dari para atlet daerah. Jadi selain mendapatkan prestasi dan penghargaan, para atlet nanti juga akan langsung diberikan pembinaan lebih lanjut untuk bisa berprestasi di kancah selanjutnya.

"Jadi para peraih prestasi yang dianggap ini bisa dilanjutkan untuk kancah dunia, pastinya nanti dari kemenpora juga akan ada reward dalam rangka pembinaan dan juga penguatan potensi dari masing-masing atlet," sebutnya.

Sebagaimana diketahui, PON Aceh-Sumut akan digelar pada 8 hingga 20 September 2024 nanti. Pon kali ini, mempertandingkan 33 cabang olahraga, 42 disiplin cabang olahraga dan 510 nomor pertandingan, serta diperkirakan akan diikuti oleh 5.366 atlet. (Ndf/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat