visitaaponce.com

Pertunjukan Penuh Warna Hiasi Pembukaan SEA Games 2023 Kamboja

Pertunjukan Penuh Warna Hiasi Pembukaan SEA Games 2023 Kamboja
Pembukaan Sea Games 2023 di Kamboja, Jumat (5/5) malam.(AFP/MOHD RASFAN)

SEA Games 2023 Kamboja resmi dibuka di Stadion Nasional Morodok Techo, Jum'at (5/5) malam. Menjadi tuan rumah pesta olahraga Asia Tenggara dua tahunan untuk pertama kalinya, Kamboja memamerkan sejarahnya dan landmark terkenal seperti Angkor Wat melalui pertunjukan budaya dipadukan teknologi cahaya lampu penuh warna.

Stadion, yang strukturnya dirancang menyerupai kapal layar melambangkan hubungan Kamboja-Tiongkok, menyala di setiap kursi hingga membentuk sebuah tulisan '32nd SEA Games Cambodia 2023'.

Mengusung tema 'Sports: Live in Peace.”, upacara pembukan SEA Games 2023 ini juga dihiasi pesta kembang api juga menghiasi suasana malam di stadion berkapasitas 60 ribu penonton itu.

Baca juga : Kamboja Minta Maaf atas Kejadian Bendera Indonesia Terbalik di Pembukaan SEA Games 2023

Usai penampilan-penampilan tersebut, perwakilan atlet dari anggota ASEAN membawa bendera nasional serta tampil dengan mengusung nilai dari negara masing-masing di hadapan ribuan pasang mata yang memadati stadion.

Atlet renang Indonesia, Flairene Candrea Wonomiharjo, bertugas sebagai pembawa bendera Merah Putih menggunakan pakaian tradisional Bali. Beberapa perwakilan lainnya tampak mengenakan songket dan tenun. Delegasi Indonesia lainnya ikut dalam barisan menggunakan jaket delegasi timnas Indonesia.

Baca juga : Ini Profil Idwan Ganie, Wakil Indonesia di Arbiter SEA Games 2023 Kamboja

Baju adat Bali dipilih sebagai “teaser” atau pengingat bahwa Indonesia akan menjadi tuan rumah ANOC World Beach Games (AWBG) Bali yang akan digelar 5-12 Agustus.

Indonesia sementara menempati peringkat lima klasemen sementara perolehan medali SEA Games 2023. Wakil Merah Putih meraih satu perak dan lima perunggu. Posisi teratas ditempati oleh tuan rumah Kamboja yang telah mendapatkan lima medali emas dan empat perak.

Potensi penambahan medali pada Sabtu (6/5) bisa diraih di sejumlah nomor cabang olahraga. Di cabang renang, ada empat nomor yang akan dipertandingkan mulai dari babak penyisihan hingga final.

Atlet yang berjuang untuk memperebutkan medali diantaranya Farrel Armandio Tangkas di nomor 100 meter gaya punggung putra, Erick Ahmad Fathoni dan Joe Aditya Wijaya Kurnia di nomor 100 meter gaya bebas putra, Shobrul Malikil Allim di nomor 200 meter gaya ganti perorangan serta Adelia dan Nurita Monica Sari di nomor 50 meter gaya dada putri.

Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) menargetkan lebih dari dua medali emas di SEA Games 2023. Target itu melihat capaian perolehan medali di SEA Games edisu sebelumnya di Vietnam yang berhasil meraih dua medali emas, tiga medali perak dan 10 medali perunggu.

"Kami memberikan apresiasi kepada atlet dan pelatih untuk kerja kerasnya selama ini. Sekarang, adalah masa pembuktian supaya kita bisa menghasilkan lebih dari waktu-waktu sebelumnya," kata Ketua Umum PB PRSI, Anindya Bakrie dalam keterangannya.

Di cabang Balap Sepeda, atlet Indonesia juga berjuang meraih medali emas di laga final nomor Mountain Bike (MTB) Cross Country putri yakni Sayu Bella Sukma Dewi, Dara Latifah dan Dela Anjar Wulan. Wakil Indonesia juga berjuang di final MTB Cross Country Putra yang diwakili Zaenal Fanani, Ihza Muhammad dan Feri Yudoyono.

Selain itu, wakil Indonesia juga memperebutkan medali emas di cabang Quathlon. Di laga final, Dea Salsabila Putri dan Binta Erlen Salsabela bejuang di nomor aquatlhon individu putri. Sedangkan Rashif Amila Yaqin dan Aryandra Fauzi Maulidin akan berlaga di nomor aquatlhon individu putra. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat