visitaaponce.com

Zhang Cetak Sejarah di Prancis Terbuka

Zhang Cetak Sejarah di Prancis Terbuka
Petenis Tiongkok Zhang Zhizhen(AFP/Geoffroy VAN DER HASSELT )

ZHANG Zhizhen, Senin (29/5), menjadi petenis putra pertama Tiongkok yang berhasil memenangkan pertandingan Prancis Terbuka dalam tempo 86 tahun.

Petenis peringkat 71 dunia itu melaju ke putaran kedua setelah lawannya asal Serbia Dusan Lajovic mengundurkan diri karena cedera saat kedudukan 6-1 dan 4-1.

Ini merupakan kemenangan pertama Zhang di babak utama turnamen Grand Slam setelah dia selalu kalah di putaran pertama tiga Grand Slam sebelumnya.

Baca juga: Djokovic Melaju ke Putaran Kedua Prancis Terbuka

Petenis berusia 26 tahun itu kerap membuat terobosan bagi Tiongkok.

Pada 2021, dia menjadi petenis putra Tiongkok pertama yang tampil di Wimbledon.

Kemudian, pada Mei tahun ini, di Madrid, dia menjadi petenis putra Tiongkok pertama yang mencapai perempat final turnamen Masters.

Baca juga: Tiga Petenis Tiongkok Akhiri Penantian 86 Tahun di Prancis Terbuka

Di putaran kedua Prancis Terbuka, Zhang akan berhadapan dengan petenis peringkat 153 dunia asal Argentina Thiago Agustin Tirante, yang mengalahkan unggulan ke-25 asal Belanda Botic van de Zandschulp.

Zhang menjadi satu-satunya petenis putra Tiongkok yang melaju ke putaran kedua Prancis Terbuka setelah Shang Juncheng dan Wu Yibing kalah dari lawan-lawan mereka.

Shang, petenis peringkat 200 yang berusia 18 tahun membuang keunggulan dua set dan menyerah 4-6, 2-6, 6-2, 6-3, dan 6-1 dari petenis Peru Juan Pablo Varillas.

Adapun Wu, petenis putra Tiongkok dengan peringkat tertinggi, 54 dunia, dan berhasil melaju ke putaran ketiga Amerika Serikat (AS) terbuka tahun lalu menyerah 7-6 (7/4), 6-1, dan 6-1 dari unggulan 19 asal Spanyol Roberto Bautista Agut. (AFP/Z-1)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat