visitaaponce.com

Indonesia Diminta Jadi Tuan Rumah Special Olympics 2027

Indonesia Diminta Jadi Tuan Rumah Special Olympics 2027
Menpora Dito Ariotedjo (kedua dari kiri) saat berkunjung ke Special Olympics Summer Games 2023 di Berlin, Jerman.(DOK KEMENPORA)

MENTERI Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo bertemu dengan Chief of Sports & Games Special Olympics Louis Lauria dan Regional President Asia pacific Specials Olympics Dipak Natali membahas kemungkinan Indonesia menjadi tuan rumah Special Olympics Summer Games 2027.

Pertemuan itu berlangsung di sela-sela kunjungan kerja Dito ke Special Olympics 2023 di Berlin pada Rabu (21/6) waktu setempat dan Special Olympics meminta Indonesia menjadi tuan rumah. Dito saat itu didampingi Staf Khusus Bidang Peningkatan Prestasi dan Pengembangan Industri Olahraga Ardima Rama Putra.

Permintaan Special Olympics terhadap Indonesia menjadi tuan rumah dilatarbelakangi kesuksesan Indonesia menggelar single event maupun multievent berskala internasional seperti Asian Games dan Asian Para Games 2018.

Baca juga: Ganjar Pranowo Dukung Penuh Persiapan Kontingen SOIna Ke Special Olympics Berlin

"Pertemuan membahas kemungkinan Indonesia menjadi tuan rumah Special Olympics di tahun 2027. Mereka tengah mencari sekalgus meminta kita untuk menjadi tuan rumah untuk tahun 2027 nanti," ujar Dito.

"Mereka menyanjung Indonesia karena berhasil menyelenggarakan Asian Games, Asian Para Games 2018 hingga perhelatan ASEAN Paragames 2021, bahkan mereka juga menyebut Indonesia di era Presiden Joko Widodo memiliki perhatian khusus terkait kesetaran dan inklusifitas," tambah Dito.

Lebih lanjut Menpora mengatakan yang sudah dilakukan Indonesia sejauh ini sudah cukup memenuhi syarat untuk menjadi tuan rumah Special Olympics.

Baca juga: Pemerintah Dukung Pekan Special Olympic Nasional 2022

Ardima mengatakan dalam pertemuan itu Menpora menyampaikan Indonesia sudah terbiasa menggelar single event dan multi event berskala internasional. Bahkan penyelenggaraan FIBA World Cup 2023, hingga World Beach Games 2023 yang akan berlangsung di Tanah Air dalam waktu dekat ini pun juga disinggungnya dalam pertemuan tersebut.

Pria yang akrab disapa Dima itu juga menyebut sepulangnya Menpora ke Tanah Air, permintaan itu akan segera dilaporkan ke Presiden.

"Indonesia sangat berpotensi menjadi tuan rumah dan Menpora Dito sepulangnya dari ajang ini akan langsung melaporkan hal tersebut kepada Bapak Presiden Jokowi, meminta arahan dan pertimbangan-pertimbangannya bila Indonesia menjadi tuan rumah Special Olympics Summer Games 2027," kata Dima. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat