visitaaponce.com

Saptoyogo Rebut Tiket Paralimpiade 2024 dan Pertajam Rekor Asia

Saptoyogo Rebut Tiket Paralimpiade 2024 dan Pertajam Rekor Asia
Saptoyogo Purnomo di podium kejuaraan dunia Paraatletik 2023(Dok. NPC Indonesia)

INDONESIA memastikan satu atlet dari cabang olah raga paraatletik untuk tampil di Paralimpiade 2024, seusai sprinter Saptoyogo Purnomo mencatatkan hasil membanggakan dalam Kejuaraan Dunia Para-Atletik 2023 yang berlangsung di Paris, Prancis.   

Turun dalam perlombaan lari 100 meter T37, Saptoyogo finis kedua dengan catatan waktu 11,27 detik. Yogo hanya kalah dari pelari Brasil, Ricardo Gomes yang masuk finis terdepan dengan catatan waktu 11,21 detik. 

Sementara urutan ketiga ditempati Christian Luiz da Costa juga dari Brasil dengan waktu 11,38 detik.

Baca juga : PB Perpani Beri Penghargaan Pendiri hingga Atlet Berprestasi di Perayaan HUT ke-70

"Meski hanya menempati urutan kedua sudah cukup bagi Yogo untuk merebut tiket ke Paralimpiade Paris 2024," tukas Pelatih Atletik, Purwo Adi Sanyoto,Rabu (12/7).

Menurut dia, rekor pribadi Yogo yang juga sekaligus rekor Asia diukirnya saat tampil di final lari 100 m T37 Paralimpiade Tokyo 2020. Saat itu, Yogo yang merebut medali perunggu mencatat waktu 11,31 detik. Kini rekor tersebut dipertajam menjadi 11,27 detik.

Baca juga : Dampingi Menpora Dito Ariotedjo, Cinta Laura Jadi Duta Piala Dunia FIBA 2023

Saptoyogo menuturkan, secara catatan waktu, dirinya cukup senang karena mampu memecahkan rekor pribadi, dan sekaligus bersyukur bisa lolos ke Paralimpade 2024.
 
Dalam kejuaraan dunia atletik kali ini, dia mengaku persaingan sangat ketat apalagi ajang ini merupakan salah satu event untuk mencari tiket ke Paralimpiade tahun depan.

Selain tampil di nomor 100 m T37, Yogo juga tampil di nomor 200 m dan estafet universal. 

"Persaingan ketat banget. Pelari Brasil menjadi lawan terberat saya," tukas Yogo.

Prestasi Yogo teranyar yang meloloskan ke Paralimpiade 2024 langsung mendapatkan apresiasi NPC Indonesia. 

"Yang dicapai itu merupakan hasil luar biasa. Selain mempertajam rekor pribadinya, Yogo juga mampu memecah rekor Asia," pungkas Purwo.

Setelah mengikuti kejuaraan dunia atletik ini, atlet akan kembali konsentrasi latihan. Tim para-atletik Indonesia akan fokus untuk tampil di Asian Para Games Hangzhou Tiongkok 2023. (Z-5)
  

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat