visitaaponce.com

19 Pembalap Tanah Air Berlaga di ARRC Mandalika 2023

19 Pembalap Tanah Air Berlaga di ARRC Mandalika 2023
Jumpa pers persiapan Asia Road Racing Championship (ARRC)(MI/Akmal Fauzi)

INDONESIA akan menjadi tuan rumah Asia Road Racing Championship (ARRC) pada 11-13 Agustus 2023 di Sirkuit Internasional Mandalika, Nusa Tenggara Barat. Dalam putaran keempat kejuaraan balap motor regional se-Asia itu akan diisi 19 pembalap Tanah Air dari 90 pembalap di ajang ini.

ARRC 2023 dibagi menjadi empat kelas, yaitu Asia Superbikes 1.000cc (ASB 1000), Supersports 600cc (SS600), Asia Production 250cc (AP250) dan Underbone 150cc (UB150). Keikutsertaan pembalap nasional di ajang ini diharapkan dapat memupuk kepercayaan diri talenta balap Indonesia hingga bisa naik menuju kelas balap yang lebih bergengsi.

"Dengan kehadiran balapan internasional ini bisa membuat prestasi pembalap muda. Saya harap bisa melahirkan pembalap muda terbaik," kata Deputi Wakil Ketua Umum Olahraga Sepeda Motor Ikatan Motor Indonesia (IMI) Eddy Saputra di Jakarta, Kamis (27/7).

Baca juga : Cek Jadwal MotoGP 2024. Kapan Giliran Mandalika?

Untuk kerja sama awal, Mandalika Grand Prix Association (MGPA) akan menggelar kejuaraaan ini hingga 2025 di Sirkuit Mandalika. MGPA menargetkan sekitar 7.500 sampai 10 ribu tiket dijual di ajang ini.

Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney Maya Watono mengatakan ajang ini selain untuk pengembangan talenta balap nasional, juga untuk menumbuhkan ekosistem pariwisata berbasis sportainment di kawasan Mandalika yang bisa menggerakkan roda ekonomi daerah di Nusa Tenggara Barat.

Berdasarkan hitungan awal dari event internasional yang digelar di Mandalika sebelumnya, Maya menargetkan perputaran uang dari ajang ARRC bisa mencapai Rp300 miliar.

Baca juga : Diogo Moreira Juarai Moto3 Indonesia, Ukir Sejarah untuk Brasil 

"Kejuaraan ini sebagai upaya untuk terus menghidupkan KEK Mandalika yang pada akhirnya akan memberikan multiplier effect terhadap ekonomi," kata Maya.

"Kalau saya mengacu dengan event-event sebelumnya, sekitar Rp300 miliar kurang lebih. Tapi nanti kita lihat dari pertama kali ini bagaimana kira-kira multiplier effect-nya," lanjutnya.

Pembalap Yamaha Racing Indonesia Andi Muhammad Fadly menyambut baik kejuaraan yang untuk pertama kalinya di gelar di Sirkuit Mandalika. Pembalap yang akan turun di kelas SS600 itu mengatakan dirinya sudah melakukan persiapan dengan matang agar bisa menjadi kampiun di kejuaraan tersebut.

"Saya sudah persiapkan fisik dan mental. Saya optimis jadi juara di balapan Mandalika apalagi ini tuan rumah," kata Fadly. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat