visitaaponce.com

De Minaur Tundukan Medvedev untuk Lolos ke Semifinal ATP Toronto Masters

De Minaur Tundukan Medvedev untuk Lolos ke Semifinal ATP Toronto Masters
Alex de Minaur membuat kejutan dengan mengalahkan unggulan kedua Daniil Medvedev  7-6 (9/7), 7-5 di Toronto Masters.(AFP)

ALEX de Minaur berhasil mengakhiri rentetan kemenangan Daniil Medvedev di ajang ATP Toronto Masters, Jumat (11/8), dengan hasil yang mengejutkan 7-6 (9/7), 7-5 untuk mencapai babak semifinal.

De Minaur dari Australia akan membuat penampilan pertamanya di semifinal level Masters 1000 melawan pemain Spanyol tanpa unggulan, Alejandro Davidovich Fokina, yang mengalahkan Mackenzie McDonald dengan skor 6-4, 6-2.

Medvedev sebelumnya berhasil memenangkan tujuh pertandingan terakhirnya di Toronto, termasuk meraih gelar tahun 2021.

Baca juga : Sinner Hadapi Minaur di Final Toronto Masters

Namun, Medvedev yang merupakan unggulan kedua di turnamen ini tidak mampu melalui permainan efisien yang ditampilkan De Minaur yang menempati peringkat ke-18 dunia. De Minaur sebelumnya kalah dalam empat dari lima pertemuan mereka.

Pemain Australia yang tidak diunggulkan ini berhasil memutus tren buruk tersebut pada November tahun lalu dengan kemenangan di Paris.

"Untuk bisa menang, saya harus tampil dengan tenis terbaik saya," kata De Minaur yang juga merupakan runner-up Los Cabos pekan lalu. "Saya merasa ini adalah minggu yang luar biasa bagi saya sampai saat ini.

Baca juga : Alcaraz Bertemu Djokovic di Semifinal ATP Finals

"Kemenangan atasnya tahun lalu memberikan kepercayaan diri besar untuk pertandingan ini. Pertandingan melawan Medvedev selalu seperti permainan catur yang penuh taktik, karena kami berdua dapat beradaptasi dan bermain dengan berbagai gaya tenis.

"Dia memaksa saya untuk tampil lebih baik. Gaya bermain saya hari ini adalah yang terbaik yang bisa saya tampilkan."

De Minaur memerlukan waktu lebih dari satu jam untuk memenangkan setiap set melawan pemain peringkat tiga dunia tersebut. Petenis Australia ini berhasil menyelamatkan tiga poin set pada set pertama dan memenangkan pertandingan pada kesempatan kedua sendiri saat Medvedev melakukan double-fault.

Baca juga : Medvedev Pastikan Tiket ke Semifinal ATP Finals

De Minaur telah mencapai perempat final untuk kesembilan kalinya dalam musim ini, dan setelah mengalahkan Taylor Fritz yang berada di peringkat kesembilan pada Kamis, ini adalah pertama kalinya dalam kariernya ia berhasil meraih dua kemenangan atas pemain top-10 dalam satu turnamen.

Di sisi lain, Medvedev mengalami kekalahan ketiganya hanya dalam turnamen Masters musim ini.

Sementara itu, Davidovich Fokina berhasil melaju dalam waktu 97 menit dengan memanfaatkan poin pertandingan ketiganya melawan Mackenzie McDonald, yang sebelumnya mengalahkan Rafael Nadal yang sedang mengalami cedera pada babak kedua Australian Open pada bulan Januari.

Baca juga : Medvedev Menangi Duel Rusia di ATP Finals

Petenis Spanyol yang berada di peringkat 37 dunia ini, yang mencapai final Monte Carlo tahun lalu, melanjutkan performa kuatnya dengan berhasil mengalahkan pemain peringkat tiga dunia, Casper Ruud, pada Kamis.

"Kemenangan melawan pemain-pemain top memberi saya banyak kepercayaan diri," ujar Davidovich Fokina. "Saya ingin tampil di lapangan dan bermain sebaik mungkin, menikmati setiap poin.

"Hari ini saya mendapatkan pertarungan yang saya inginkan, meski saya pikir akan lebih sulit. Keyakinan pada diri sendiri memberi saya energi yang besar." (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat