visitaaponce.com

Markkanen Antarkan Kemenangan Pertama Finlandia di Piala Dunia FIBA 2023

Markkanen Antarkan Kemenangan Pertama Finlandia di Piala Dunia FIBA 2023
Pebasket Finlandia Lauri Markkanen.(AFP)

TIM basket Finlandia akhirnya berhasil menembus kemenangan perdana pada Piala Dunia FIBA 2023 mengalahkan Cape Verde 100-77 dalam pertandingan babak klasifikasi peringkat 17-32 di Okinawa Arena, Jepang, Kamis (31/8).

Forward Utah Jazz Lauri Markkanen unjuk gigi menyelesaikan pertandingan dengan 34 poin yang merupakan angka tertinggi dalam turnamen. Sebanyak 18 poin di antaranya ia hasilkan pada paruh pertama.

Finlandia di fase penyisihan grup sebelumnya mengalami kekalahan telak di tangan Australia, tuan rumah Jepang, dan Jerman.

Baca juga : Jepang Tim Terbaik Asia di Piala Dunia FIBA 2023, Kantongi Tiket Olimpiade Paris 2024

Markkanen menembakkan 12 dari 19 upayanya dan menghasilkan 8 dari 10  lemparan bebas. Dia juga mencatatkan sembilan rebound, satu assist, satu steal, dan sepasang blok.

Selisih tembakan tiga angka antara kedua tim menjadi salah satu gap terbesar yang menentukan hasil pertandingan.

Finlandia mengalirkan bola dengan sangat baik membuat 33 assist dan menghujani 14 tembakan tripoin sedangkan Cape Verde hanya berhasil tiga kali tripoin dari 19 percobaan.

Baca juga : 4 Tim Berebut Dua Tiket Perempat Final Piala Dunia FIBA: Latvia, Brasil, Kanada dan Spanyol

"Saya bangga dengan para pemain. Mereka datang ke pertandingan ini (fokus) terutama dari segi pertahanan. Vape Verde hanya mencetak 16 poin di kuarter pertama," kata pelatih Finlandia, Lassi Tuovi.

"Ada 33 assist menunjukkan bahwa kami adalah sebuah tim hari ini," imbuhnya.

Babak klasifikasi bagi tim-tim yang tak lolos ke 16 besar menjadi kesempatan untuk masuk ke pemeringkatan kualifikasi Olimpiade Paris 2024.

Baca juga : Kalah Telak seperti Prancis, Iran Bertekad Bangkit di Laga Berikutnya

Pada laga klasifikasi lainnya yang berlangsung di Indonesia Arena, Jakarta, Libanon juga memetik kemenangan membekap Pantai Gading 94-84.

Juara 16 kali Piala Asia yakni Tiongkok juga mendulang kemenangan pertama di babak klasifikasi. Tiongkok mengambil langkah besar untuk mencapai kualifikasi Olimpiade mengalahkan Angola pada laga yang berlangsung di Manila, Filipina.

Tiongkok memanfaatkan penampilan luar biasa dari Li Kaier, Hu Jinqiu dan Hu Mingxuan yang ketiganya menghasilkan total 53 poin di laga tersebut. Tiongkok bangkit dari defisit 10 poin pada kuarter ketiga dan menutup laga dengan kemenangan 83-76. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat