visitaaponce.com

Brasil Lolos ke Putaran Dua FIBA 2023, AS Jaga Rekor Sempurna

Brasil Lolos ke Putaran Dua FIBA 2023, AS Jaga Rekor Sempurna
Pebasket Brasil Georginho De Paula mencetak skor saat laga melawan Pantai Gading di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (30/8).(AFP/Bay Ismoyo)

TIM bola basket Brasil merebut tiket ke putaran kedua Piala Dunia FIBA 2023. Pada laga ketiga Grup G yang berlangsung di Indonesia Arena, GBK, Jakarta, Rabu (30/8), tim Samba mengandaskan Pantai Ganding 89-77.

Hasil itu membuat Brasil menemani Spanyol dari Grup G yang lolos ke babak berikutnya. Pantai Gading yang juga butuh kemenangan demi lolos sejatinya tancap gas di kuarter pertama unggul tipis 25-23. Namun setelah itu, momentum menjadi milik Brasil.

Penampilan apik Yoga Santos mengantarkan kemenangan Brasil. Fia mencetak 24 poin, empat rebound, serta 12 assist.

Baca juga : 4 Tim Berebut Dua Tiket Perempat Final Piala Dunia FIBA: Latvia, Brasil, Kanada dan Spanyol

Pada bagian lain, Amerika Serikat masih terlalu tangguh bagi lawan-lawannya di Grup C. Melakoni laga terakhir babak fase grup yang berlangsung di Manila, Filipina, AS membekap Yordania 110-62.

Guard Minnesota Timberwolves yang memimpin tim AS, Anthony Edwards, membuktikan betapa mematikannya dia di laga tersebut. Torehan 22 poin yang disumbangkan Edwards mengantarkan AS menjaga rekor sempurna di fase grup.

Edwards, pemain berjuluk Ant Man, sudah trengginas pada paruh pertama mencetak 13 poin. Dia juga membukukan delapan rebound dan empat assist.

Baca juga : Kalah Telak seperti Prancis, Iran Bertekad Bangkit di Laga Berikutnya

"Saya menyukai apa yang saya lihat. Pertandingannya memang tidak sengit tapi alur permainannya bagus dari kedua tim. Kita lihat saja nanti. Kami belum membuat rencana apa pun ke depan (putaran kedua)," kata pelatih AS, Steve Kerr.

Pada laga lainnya di Okinawa Arena, Jepang, Georgia menjaga impian mereka tetap hidup.

Georgia memastikan satu tiket ke babak kedua usai mengandaskan Venezuela dengan kemenangan 70-59. Hasil itu menjadi sejarah bagi Georgia yang berstatus debutan pada Piala Dunia kali ini.

Baca juga : Markkanen Antarkan Kemenangan Pertama Finlandia di Piala Dunia FIBA 2023

Georgia sukses meredam Venezuela yang hanya mampu mencetak empat poin sedangkan mereka mendulang 18 poin termasuk 13 poin berturut-turut dari Goga Bitadze untuk membangun keunggulan 40-21 dengan waktu tersisa kurang dari tiga menit.

"Kami membuat sejarah. Ini adalah pertandingan bersejarah bagi kami. Nama kami akan dicatat dan untuk utu kami sangat bahagia dan sangat bangga," ucap forward Georgia, Tornike Shengelia.

Sementara itu, dua tuan rumah yakni Jepang dan Filipina tersisih di babak grup dan terlempar dari persaingan ke babak 16 besar.

Jepang dari tiga laga mengoleksi satu kemenangan dan dua kekalahan adapun Filipina menelan tiga kekalahan. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat