visitaaponce.com

Bos Red Bull Max Verstappen Fenomenal

Bos Red Bull : Max Verstappen Fenomenal
Pembalap Red Bull Max Verstappen melakukan selebrasi usai memastikan diri meraih gelar juara Formula 1 untuk kali ketiga secara beruntun.(AFP/Ben Stansall)

KEPALA tim Red Bull Christian Horner memuji Max Verstappen, yang baru meraih gelar juara dunia tiga kali Formula 1 sebagai pebalap paling kompetitif yang pernah dilihat. Horner menggambarkan pembalap Belanda berusia 26 tahun itu sebagai "fenomenal" .

"Dia yang paling dominan sejauh ini, jadi tidak mengejutkan, tapi melihat Max bergabung dengan beberapa nama hebat yang kita bicarakan sebelumnya,” kata Horner.

Verstappen mengunci gelar juara dunia Formula 1 2023 setelah finis di urutan kedua pada sesi sprint race F1 GP Qatar, Minggu (8/10) dini hari. 

Verstappen yang hanya membutuhkan tiga poin untuk menjadi juara dunia tetap tampil serius dalam membukukan poin pada akhir pekan ini, terbukti dengan posisi pole yang dibukukannya dalam kualifikasi di Sirkuit Lusail. 

AFP/Ben Stansall--Bos tim Formula 1 Red Bull Christian Horner

Rekan satu timnya Sergio Perez, yang menjadi pesaing terdekatnya, gagal menyelesaikan lomba pada lap ke-11.

Verstappen mengumpulkan total 407 poin dan tidak mungkin dikejar Perez, apapun hasil balapan di sisa enam seri musim ini. Verstappen unggul 184 poin dari Perez dengan sisa enam seri yang hanya bisa memperebutkan total 172 poin.

Horner mengatakan, Verstappen sangat dominan di musim ini. Dia memenangkan 13 dari 16 GP sejauh ini, termasuk 10 kali berturut-turut. Horner meminta Verstappen untuk menikmati sisa balapan musim ini dengan baik.

"Saya pikir Anda harus mengambil waktu sejenak untuk merenung dan menikmati momen ini dan semua yang dia lakukan tahun ini sangat fenomenal. Menurut saya dia adalah pembalap paling kompetitif yang pernah saya temui atau lihat. Tekad yang dia kendarai, semangat, hati, komitmen dan tentu saja, segudang keterampilan yang dia miliki," jelasnya.

Verstappen adalah satu dari hanya lima pembalap yang memenangkan tiga gelar dunia pembalap berturut-turut bersama Juan Manuel Fangio, Michael Schumacher, Sebastian Vettel, dan Lewis Hamilton. 

Verstappen juga bersanding dengan pebalap yang telah tiga kali menjadi juara F1 yaitu Jack Brabham, Niki Lauda, Nelson Piquet, Ayrton Senna, dan Jackie Stewart.

"Saya pikir yang pertama paling emosional karena saat itulah impian terpenuhi. Tapi ini jelas merupakan tahun terbaik saya untuk kemenangan berturut-turut dan hal-hal seperti itu dan mobil itu sendiri telah mungkin dalam kondisi terbaik juga," kata Verstappen.

Verstappen mengatakan pengalamannya membalap bersama Toro Rosso saat melakukan debut Formula 1 di usia 17 tahun pada 2016, dan sekarang berada di Red Bull sangat penting bagi kehidupan dan perkembangan kariernya.

“Saya terus berusaha untuk berkembang dan tentu saja saya tidak berpikir saya telah menjadi pebalap yang lebih cepat, tetapi Anda memiliki lebih banyak pengalaman di dalam mobil, Anda tumbuh sebagai pembalap dan Anda juga berkembang, saya pikir sebagai pribadi dalam hidup," ujarnya. (AFP/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat