visitaaponce.com

Tim Paraatletik Indonesia Incar 4 Mendali Emas di Asian Para Games

Tim Paraatletik Indonesia Incar 4 Mendali Emas di Asian Para Games
Paraatletik incar empat medali emas di Asian Para Games(MI/widjajadi)

TIM paraatletik Indonesia menincar empat mendali emas di ajang Asian Para Games (AiPG) Hangzhou, Tiongkok 2023.

Saat ini, para atlet masih melakukan pengkondisian dan beradaptasi cuaca saat melakukan latihan di Huanglong Sports Centre Stadium, Rabu (18/10) pagi waktu setempat.

Skuad paraatletik Indonesia, diperkuat 22 atlet yang akan turun dalam beberapa nomor perlombaan yakni lari, lempar cakram, tolak peluru, balap kursi roda dan lompat jauh.

Baca juga: Sprinter Indonesia Optimis Penuhi Target Emas di Asian Para Games Hangzhou

“Alhamdulillah, tim paraatletik Indonesia dalam keadaan sehat. Latihan hari ini untuk mencoba lintasan dan venue sekaligus matangkan orientasi. Kita dijadwalkan latihan setiap pagi dan akan memaksimalkan kesempatan itu untuk matangkan performa atlet," kata Kepala Pelatih Para-Atletik Slamet Widodo, dalam keterangan (18/10).

Slamet menyebutkan bahwa, pihaknya juga melakukan evaluasi terhadap kondisi fisik para atlet dan memastikan kesiapan mental mereka. Walaupun, teknik dan fisik telah dipersiapkan sejak pemusatan latihan di Solo, Jawa Tengah.

Baca juga: Boccia dan Pararenang Adaptasi Cuaca dan Latihan di Hangzhou

“Evaluasi kita sama saja seperti latihan biasa, tetapi ketika sudah mendekati suasana perlombaan seperti ini, kita harus tingkatkan mental, motivtasi dan semangat atlet. Untuk teknik dan fisik sudah dipersiapkan matang sejak di Solo,” tuturnya.

Tim para-atletik Indonesia ditargetkan membawa pulang empat medali emas, lima medali perak dan empat medali perunggu. Dua medali emas diharapkan mampu direbut oleh Saptoyogo Purnomo di nomor lari 100m putra T37 dan 200m putra T37.

Sementara satu medali emas diharapkan datang dari Karisma Evi Tiarani yang berlaga di nomor 100m putri T63. Medali emas lainnya ditargetkan kepada Suparni Yati yang akan berlaga di tolak peluru putri F20.

Target tersebut, dikatakan Slamet, merupakan hasil analisis dari pelatih atas catatan prestasi para atlet dalam sejumlah kejuaraan maupun kualifikasi yang telah diikuti selama ini.

“Berdasarkan catatan prestasi dan capaian, kita membandingkan dengan pencapaian dari pesaing negara lain, dengan melihat ranking di website maupun kejuaraan internasional. Para-atletik merupakan olahraga yang terukur sehingga kita bisa melihat catatan prestasi lawan kemudian dianalisis sehingga muncul target yang ditetapkan kepada atlet tersebut," pungkasnya. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat