visitaaponce.com

Resmi Dibuka, Japfa Chess Festival 2023 Diikuti 472 Pecatur

Resmi Dibuka, Japfa Chess Festival 2023 Diikuti 472 Pecatur 
Duel antara WGM Indonesia Dewi AA Citra (kanan) dan WGM Vietnam Nguyen Thi Mai Hung di Japfa Chess Festival 2023.(MI/BUDI ERNANTO)

JAPFA Chess Festival 2023 resmi dibuka pada Rabu (18/10) di Wisma Serba Guna, Jakarta. Acara tahunan itu akan berlangsung hingga Minggu (22/10).

"Kami senang sekali Japfa Chess Festival bisa kembali terlaksana karena beberapa kali sempat menjumpai kendala akibat pandemi. Kami harapkan akan ada pecatur-pecatur unggul yang lahir dari turnamen ini," kata Direktur Corporate Affairs PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (Japfa) Rachmat Indrajaya dalam sambutannya saat pembukaan.

Menurut Rachmat, turnamen kali ini diikuti oleh 472 pecatur yang datang dari 25 provinsi di seluruh Indonesia. Mereka bertarung di 12 kategori yang dibagi menjadi beberapa kelompok usia.

Baca juga: Robot Catur akan Ramaikan Japfa Chess Festival 2023

Sementara itu Sekretaris Jenderal Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Hendry Hendratno, Japfa Chess Festival tahun ini berbeda dengan edisi-edisi sebelumnya.

"Dari jumlah peserta, meningkat. Total hadiah, juga meningkat. Selain itu juga ada demo robot catur dari Universitas Gunadarma," kata Hendry.

Hendry mengatakan tahun lalu, total hadiah tahun lalu hanya Rp200 juta. Sedangkan tahun ini Rp265 juta. Itu sudah termasuk hadiah untuk kategori dwitarung yang mempertemukan dua WGM Indonesia, yaitu Theodora Walukow dan Dewi AA Citra dengan WGM dari Vietnam dan Filipina, yaitu Nguyen Thi Mai Hung dan Janelle Mae Frayna.

Baca juga: 7 Pecatur Indonesia Ditarget 3 Medali di Asian Games 2022

Sementara robot catur yang dihadirkan di Japfa Chess Festival kali ini bisa ditantang oleh setiap peserta. Dari pantauan Media Indonesia, robot tersebut sudah meladeni 10 pertandingan melawan para peserta dan belum terkalahkan.

Dosen Informatika Universitas Gunadarma Prof Dr Ing Adang Suhendra Msc mengatakan robot catur tersebut masih dalam pengembangan. Setiap hasil pertandingan di Japfa Chess Festival, akan dievaluasi untuk menjadikan robot tersebut lebih baik.

"Saat ini sedang diuji cobakan, kami ingin robot ini mampu berpikir dan menganalisis langkah yang diambil saat main catur. Kemudian juga ke depannya, robot ini diusahakan tidak hanya menjadi lawan tanding, juga mampu melatih untuk mereka yang baru belajar main catur," kata Adang. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat