visitaaponce.com

Kento Momota Putuskan Gantung Raket di Usia 29 Tahun

Kento Momota Putuskan Gantung Raket di Usia 29 Tahun
Mantan pebulu tangkis nomor satu dunia asal Jepang Kento Momota.(AFP/DAVID GRAY)

PERAIH gelar juara dunia bulu tangkis dua kali, Kento Momota, Kamis (18/4), mengumumkan dirinya telah memutuskan pensiun di usia 29 tahun setelah tidak pernah pulih usai mengalami kecelakaan mobil, 4 tahun lalu.

Momota, yang sudah dipastikan gagal meraih tiket ke Olimpiade Paris 2024, akan membela Jepang untuk terakhir kalinya di ajang Piala Thomas di Tiongkok, bulan ini.

Selanjutnya, mantan pebulu tangkis nomor satu dunia itu hanya akan tampil di kompetisi domestik di Jepang.

Baca juga : PBSI Hormati Keputusan Pensiun Marcus

"Saya membuat keputusan ini karena saya merasa saya telah mencapai batas kemampuan fisik dan mental saya dalam upaya menjadi yang terbaik di dunia" ujar Momota, yang saat ini berperingkat 52 dunia.

Momota pernah menjadi raja bulu tangkis dunia, memenangkan 11 gelar pada 2019 dan hanya kalah di enam dari 73 laga yang dimainkannya pada tahun itu.

Namun, nasibnya berbalik pada Januari 2020 ketika mobil yang membawanya ke bandara Kuala Lumpur mengalami kecelakaan beberapa jam usai dia menjadi juara di Malaysia Masters.

Baca juga : Kalah dari Momota, Vito Evaluasi Diri

Sopir mobil itu tewas di tempat dan Momota harus menjalani operasi untuk memperbaiki patah tulang rongga mata.

Momota kemudian mengalami pandangan ganda dan kesulitan mencapai performa terbaiknya meski bertanding kembali setahun pascakecelakaan itu.

Dia kalah di putaran pertama Olimpiade Tokyo 2021 dan tersingkir di putaran pertama di empat dari lima turnamen yang dia ikuti di tahun berikutnya.

Momota kemudian mengalami serangkaian cedera yang membuat peringkat dunianya melorot saat Viktor Axelsen mengukuhkan diri sebagai pebulu tangkis nomor satu dunia.

Momota sebenarnya ingin tampil di Olimpiade Paris 2024 namun peringkat nasionalnya tidak cukup bagus untuk masuk ke timnas Jepang. (AFP/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat