visitaaponce.com

Konsisten Tiap Tahun, Mandiri Ciputra Golfpreneur Junior World Championship Kembali Digelar

Konsisten Tiap Tahun, Mandiri Ciputra Golfpreneur Junior World Championship Kembali Digelar
Ciputra Golfpreneur Junior World Championship (CGJWC) pada tanggal 12-14 Juni 2024(Dok CGJWC)

CIPUTRA Golfpreneur Foundation (CGF) mengumumkan  penyelenggaraan kejuaraan dunia junior paling bersejarah di Indonesia, Ciputra Golfpreneur Junior World Championship (CGJWC) pada tanggal 12-14 Juni 2024 mendatang. Damai Indah Golf, PIK Course kembali menjadi tuan rumah dari kejuaraan yang pada tahun ini memasuki penyelenggaraan yang ke-27

”Kami merasa bangga dan selalu bersemangat dapat menyelenggarakan CGJWC dengan konsisten setiap tahun,” ujar Budiarsa Sastrawinata, Pendiri dan Ketua Dewan Pembina Ciputra Golfpreneur Foundation. 

”Sejak diprakarsai oleh Almarhum Dr. (HC) Ir. Ciputra 31 tahun silam, kejuaraan ini telah ikut mewarnai perjalanan karier bintang-bintang golf kelas dunia masa kini. 

Baca juga : Medco Energi-Pondok Indah Golf Club Siap Gelar International Amateur Golf Championship 2024

”Kami tidak hanya ingin menegaskan komitmen kami untuk ikut memberi kontribusi bagi pertumbuhan golf di Indonesia, tapi juga ingin mengajak seluruh lapisan masyarakat, khususnya masyarakat golf di Indonesia, untuk mendukung penyelenggaraan kejuaraan ini sebagai bagian dari upaya melahirkan juara-juara masa depan dari Indonesia untuk berkiprah di kejuaraan golf internasional.”

Setelah pertama kali digelar sebagai ajang kejuaraan nasional pada tahun 1993, kejuaraan ini mengalami perkembangan yang signifikan sejak tahun 2004. Kala itu status kejuaraan ini meningkat menjadi kejuaraan regional dengan negara-negara Asia Tenggara mulai mengirimkan perwakilan mereka. 

Pada tahun berikutnya, beberapa negara di luar Asia Tenggara mulai ikut berpartisipasi dan pada tahun 2006 negara-negara Asia lainnya mulai menjadi peserta reguler, sampai kemudian pada tahun 2007 ajang ini resmi menjadi kejuaraan dunia yang diikuti oleh negara-negara dari lima benua.

Baca juga : Turnamen Golf Senior se-ASEAN Digelar di Bandung, Bawa Misi Promosi Destinasi

Beberapa bintang golf dunia yang mewarnai karier mereka dengan mengikuti kejuaraan ini termasuk para juara LPGA Tour, seperti Nasa Hataoka, Patty Tavatanakit, dan Yuka Saso; Guan Tianlang, Taiga Semikawa, Danthai Boonma, dan Sarit Suwannarut. Pegolf Indonesia, seperti Inez Wanamarta yang kini berkiprah pada Epson Tour (Tour di bawah LPGA) dan Patricia Sinolungan yang kini berkiprah pada China LPGA Tour; Kevin Caesario Akbar dan Naraajie Emerald Ramadhan Putra yang berkarier pada Asian Development Tour dan Asian Tour juga beberapa kali mengikuti ajang ini. 

Edisi ke-27 ini juga kembali mendapat dukungan penuh dari Bank Mandiri, yang kembali menjadi sponsor utama dari ajang ini sehingga secara resmi nama kejuaraan ini pun menjadi Mandiri Ciputra Golfpreneur Junior World Championship.

”Kami juga ingin berterima kasih kepada Bank Mandiri yang kembali menyambut visi kami untuk melahirkan bintang-bintang golf masa depan melalui kejuaraan ini. Kami percaya bahwa komitmen berkesinambungan yang Bank Mandiri tunjukkan bagi olahraga golf ini turut menjadi sumbangsih yang sangat bernilai bagi perkembangan golf, tidak hanya di level nasional, tapi juga secara global mengingat skala kejuaraan ini,” sambung Budiarsa.

Baca juga : Sportel Bali 2024 Gelar Ajang Triathlon dan Golf 

”Komitmen kami untuk mendukung olahraga ini mencerminkan visi kami dalam memajukan bakat-bakat muda dan membantu mereka mencapai panggung internasional,” ujar Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi.

Darmawan menilai, kompetisi ini juga sejalan dengan komitmen Bank Mandiri untuk menjadi langkah Bank Mandiri untuk menjadi partner finansial pilihan utama masyarakat. ”Sekaligus menjadi kontribusi kami untuk mendorong sports tourism yang kian diminati oleh masyarakat,” paparnya.

Pada penyelenggaraan tahun 2023 lalu, dua pegolf Thailand Suvichaya Vinijchaitham dan Parin Sarasmut berhasil menjuarai Best Gross Overall, masing-masing dengan skor total 7-under 209 dan 12-under 204. Adapun pegolf tuan rumah Teuku Husein M. Danindra (Boys B), Elaine Widjaja (Girls A), dan Annabelle Leimena (Girls C) berhasil memenangkan kategori mereka masing-masing.

Pada tahun ini, Best Gross Overall dari divisi putra dan putri akan mendapat kesempatan untuk mengikuti sejumlah kejuaraan internasional bergengsi, di antaranya Junior World Cup Invitationals at Kingsmill pada bulan Juli, AJGA Thailand pada bulan November, dan FCG Callaway World Championship 2025. Adapun Best Gross Overall putra juga berhak mengikuti Ciputra Golfpreneur Tournament, ajang Asian Development Tour yang akan digelar pada bulan Agustus nanti. (H-2)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Indrastuti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat