visitaaponce.com

Max Verstappen dan Red Bull Raih Kemenangan di Grand Prix Kanada

Max Verstappen dan Red Bull Raih Kemenangan di Grand Prix Kanada
Max Verstappen dan Red Bull berhasil bangkit dari kesulitan di Monaco dengan memenangkan Grand Prix Kanada yang penuh aksi. (Formula1)

PEMBALAP Max Verstappen dan Red Bull bangkit dari kesulitan mereka di Monaco dengan kembali ke jalur kemenangan di Grand Prix Kanada yang penuh aksi. Mereka mengatasi hujan, beberapa periode Safety Car, restart, dan tantangan keras dari belakang untuk memimpin di depan Lando Norris.

Verstappen mengikuti dan kemudian menyalip pembalap Mercedes yang berada di posisi pole, George Russell, pada tahap awal balapan yang basah hingga Norris yang sedang melaju kencang menyalip keduanya di tengah kondisi yang membaik. Namun, Safety Car yang muncul saat Logan Sargeant kecelakaan membuat pembalap McLaren itu turun ke posisi ketiga.

Verstappen menguasai restart tersebut dan hujan lebih lanjut untuk mempertahankan keunggulannya, yang juga ia lindungi saat lintasan mengering dan para pembalap beralih dari ban intermediate ke ban basah, serta setelah periode Safety Car kedua yang dipicu tabrakan antara Carlos Sainz dan Alex Albon.

Baca juga : Samai Rekor Senna, Verstappen Tolak Berpuas Diri

Sementara juara dunia bertahan itu akhirnya melaju menuju garis finis, Norris menempati posisi kedua melalui pertarungan sengit di tengah balapan dengan Russell, yang akhirnya menempati posisi ketiga setelah beberapa kali bertarung dengan rekan setimnya, Lewis Hamilton, dan pembalap McLaren lainnya, Oscar Piastri.

Russell dan Hamilton, yang keduanya masuk pit untuk mengganti ban basah baru di bawah periode Safety Car kedua, membuat jantung di dinding pit Mercedes berdebar-debar saat mereka bertarung roda-ke-roda beberapa kali – pembalap Inggris yang lebih muda membuat gerakan menentukan untuk P3 pada lap kedua terakhir.

Di belakang lima finis teratas, Fernando Alonso dan favorit tuan rumah Lance Stroll mengumpulkan finis dengan poin ganda untuk Aston Martin, sementara Daniel Ricciardo menindaklanjuti penampilan kualifikasi yang kuat untuk mencatatkan poin Grand Prix pertamanya musim ini di posisi kedelapan.

Baca juga : Raih Posisi Pole di GP Kanada, Verstappen Puji Performa Timnya

Rekan setim Ricciardo, Yuki Tsunoda, juga berada dalam perebutan poin, tetapi kesalahan di tahap akhir membuatnya tergelincir melintasi rumput dan turun peringkat, menguntungkan Pierre Gasly dan Esteban Ocon, yang juga memberikan hasil sepuluh besar ganda untuk Alpine.

Duo Haas Nico Hulkenberg dan Kevin Magnussen awalnya melaju cepat sebagai satu-satunya pembalap yang memulai balapan dengan ban basah, bukan intermediate, tetapi hanya sedikit melewatkan penghargaan saat mereka melintasi garis finis di posisi ke-11 dan ke-12.

Tsunoda berakhir di posisi ke-14 setelah kesalahannya yang mahal, di antara pasangan Kick Sauber Valtteri Bottas dan Zhou Guanyu, dengan hanya 15 dari 20 mobil yang mencapai garis finis dalam apa yang ternyata menjadi salah satu balapan paling dramatis musim 2024 sejauh ini.

Baca juga : Verstappen Raih Posisi Pole GP Kanada

Sainz dan Albon, yang sedang berburu poin, keduanya pensiun setelah tabrakan mereka, sementara masalah unit daya yang persisten juga memaksa Charles Leclerc untuk pensiun dan membuat Ferrari gagal mencetak satu poin pun setelah kemenangan mereka di Monaco.

Selain Sargeant yang disebutkan sebelumnya, Sergio Perez adalah pembalap kelima dan terakhir yang berhenti setelah dia keluar dari lintasan dan merusak sayap belakangnya, memaksa pembalap Meksiko itu kembali ke pit dan menambah kesengsaraan keluarnya di Q1 saat kualifikasi.

Saat para pembalap podium tiba di parc ferme, rekan setim Perez yang memenangkan balapan, Verstappen, mengangkat tangan dengan gembira saat ia memperbesar keunggulan kejuaraannya dari 31 poin menjadi 56 – memanfaatkan sepenuhnya masalah yang dialami Leclerc dan Ferrari. (Formula1/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat