visitaaponce.com

All New Mazda CX-9, kian Mewah Berkat Fitur Berlimpah

All New Mazda CX-9, kian Mewah Berkat Fitur Berlimpah
All New Mazda CX-9, kian Mewah Berkat Fitur Berlimpah(Dok MI)

MENYAMBUT perayaan hari jadinya yang pertama sebagai distributor resmi kendaraan Mazda di Tanah Air yang jatuh pada 14 Maret mendatang, PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) meluncurkan SUV the all new Mazda CX-9 di Ballroom the Westin Jakarta, Kamis (1/2). Mazda CX-9 merupakan SUV 7-seater termewah di jajaran Mazda.

Selain tampilannya yang baru, the All New Mazda CX-9 diklaim lebih efisien dibanding generasi sebelumnya berkat penerapan mesin SkyActiv-G terkini berkapasitas 2.5 liter plus turbocharger yang mampu mendongkrak tenaga hingga mencapai 228hp pada 5.000rpm dengan torsi melimpah sebesar 420Nm pada 2.000 rpm.

Dikombinasi transmisi SkyActiv Drive 6-speed otomatisnya, mesin bensin 4 silinder itu mampu memberikan akselerasi dari 0 ke 100 km/jam dalam tempo 8,2 detik dan sanggup melarikan SUV berukuran besar berbobot kotor 2,5 ton ini hingga 210 km/jam.

Kendali Mazda CX-9 generasi baru ini juga diklaim lebih dinamis dengan diterapkannya teknologi G-Vectoring Control, mengandalkan sensor G-Force untuk mengatur performa mesin dan pengereman saat kendaraan menikung terutama pada kecepatan tinggi.

SUV premium berpenggerak roda depan itu juga memiliki interior yang memancarkan aura kemewahan. Sepintas bagian dalam kendaraan ini terasa lebih bernuansa Eropa ketimbang Jepang. Hal itu terpancar dari setiap detail sudut di seantero kabin.

Kecanggihan kabinnya juga ditopang oleh hadirnya layar monitor multifungsi yang terpancang di bagian tengah dasbor. Layar ini mengakomodasi fitur Human Machine Interface (HMI) dan MZD Connect khas Mazda yang memberikan akses komunikasi secara fleksibel tanpa perlu mengganggu konsentrasi mengemudi.

Melalui layar ini pula pengguna dapat menjadikannya sebagai layar navigasi, sebagai displai tampilan fungsi dan fitur kendaraan, penampil informasi sarana hiburan, telepon, hingga internet. Seluruh fungsi dapat dikendalikan melalui tombol putar dan tekan di bagian konsol tengah yang dirancang untuk meningkatkan efisiensi gerakan tangan pengemudi saat mengoperasikannya.

Sebagai pendukung sarana hiburan, All New CX-9 dipersenjatai sistem audio premium lansiran Harman yang mampu menghasilkan kualitas suara yang jernih dan mengesankan. Tata suaranya bekerja sama dengan BOSE untuk menghasilkan audio kelas premium melalui 12 speaker yang tersebar di seantero kabin.

Fitur kemanan komplit
Namun yang terpenting dari semua itu adalah perhatian Mazda yang tinggi terhadap keselamatan berkendara dengan hadirnya sederet fitur keselamatan pro aktif khas Mazda yang mampu mengurangi risiko kecelakaan diri dan pihak lain.

Lampu utama dilengkapi teknologi Adaptive LED Headlamp (ALH) yang meningkatkan visibilitas saat berkendara di malam hari. Meskipun mampu memberikan pencahayaan lebih jauh, lampu canggih ini tidak menyilaukan pengemudi dari lawan arah berkat adanya sensor yang secara aktif menyeleksi bidang pencahayaan.

Risiko keluar dari jalur akibat ngantuk juga dapat direduksi dengan adanya fitur Lane Departure Warning System (LDWS) melalui nada peringatan melalui speaker. Saat kendaraan melanganggar marka jalan sebelah kanan tanpa menyalakan lampu sein, maka nada peringatan akan berkumandang dari speaker sebelah kanan, begitu pula sebaliknya.

Dikombinasi dengan fitur Lane-keep Assist System, roda kemudi secara otomatis akan bergetar ketika kendaraan melewati marka jalan, dan jika pengemudi tidak bereaksi pada nada dan getaran peringatan maka secara otomatis roda kemudi akan berputar mengembalikan arah kendaraan ke posisi yang benar.

Fitur keselamatan pro aktif lainnya adalah Smart City Brake Support (SCBS) baik saat kendaraan bergerak maju maupun mundur. Saat bergerak maju pada kecepatan 30 km/jam ke atas, sistem ini akan melakukan pengereman secara otomatis saat sensor mendeteksi adanya obyek yang terlalu dekat di depannya.

Sedangkan pada saat kendaraan dimundurkan, fitur pengereman otomatis ini otomatis sudah aktif pada kecepatan antara 2-8 km/jam, menghindari risiko tabrakan dengan obyek tak terlihat di bagian belakang.

Yang tak kalah menariknya adalah fitur Blind Spot Monitoring (BSM) menggunakan sensor radar yang memantau kondisi di bagian sisi belakang kiri dan kanan. Saat ada kendaraan mendekat dari arah kiri belakang mulai jarak 50 meter, sistem akan menyalakan tanda peringatan di kaca spion kiri plus nada suara. Begitu pula saat ada kendaraan mendekat dari bagian kanan, tanda peringatan di spion kanan menyala.

Saat keluar dari lahan parkir secara mundur memiliki risiko tinggi ketika kendaraan diapit oleh kendaraan lain sehingga sulit memantau adanya kendaraan lain yang akan melintas. Berkat fitur Rear Cross Traffic Alert (RCTA), masalah ini dapat teratasi dengan sensor radar yang dapat memantau sekeliling kondisi di bagian belakang kendaraan.

Dengan sederet fitur canggih yang diembannya, All New Mazda CX-9 dibanderol dengan harga Rp798,8 juta on the road (DKI Jakarta). (X-12)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ahmad Punto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat