visitaaponce.com

Mengenal Pengereman ABS Fungsi dan Prinsip Kerjanya

Mengenal Pengereman ABS Fungsi dan Prinsip Kerjanya
Ilustrasi.(MI/Ramdani.)

SISTEM rem antiterkunci atau anti-lock braking system merupakan sistem pengereman pada mobil agar tidak terjadi penguncian roda ketika terjadi pengereman mendadak/keras. Sistem ini diadopsi dari teknologi serupa di pesawat terbang. 

Kendaraan yang memakai rem ABS dapat melakukan pengereman lebih pakem dan cepat dibanding jenis rem non-ABS. Kondisi kendaraan akan tetap stabil meski terjadi rem mendadak. Rem ABS sangat efektif untuk kendaraan yang terbiasa digunakan pada kondisi jalan basah atau berpasir.

Cara kerja ABS secara ialah ketika pengemudi menginjak rem, hydraulic unit akan membaca seluruh data kendaraan. Kemudian ia memerintahkan pompa untuk mendistribusikan tekanan minyak rem sesuai kondisi kendaraan di tiap ban. 

Baca juga: Perbedaan Facelift dan All New, Jangan Salah Kaprah!

Untuk merawat kendaraan yang memiliki fitur ABS yaitu rutin melakukan penggantian minyak rem yang dianjurkan pabrikan. Cek ketinggian minyak rem dan periksa terdapat kebocoran atau tidak. Jika kurang, lakukan penambahan minyak rem serta proses bleeding (pembuangan angin pada sistem rem). (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat