visitaaponce.com

Ini Perbedaan ABS dan CBS, Sering Keliru

Ini Perbedaan ABS dan CBS, Sering Keliru
Ilustrasi.(MI/Tutus.)

ABS memungkinkan ban tidak mengalami slip saat pengendara melakukan panic braking atau pengereman mendadak. Sedangkan CBS membuat pengereman lebih optimal karena rem depan dan belakang bekerja bersama.

CBS merupakan singkatan dari Combi Brake System atau sistem pengereman yang menggabungkan rem depan dengan rem belakang. CBS merupakan sistem pengereman yang memiliki fungsi untuk menggabungkan rem depan dan rem belakang. Hanya dengan menekan tuas rem tangan sebelah kiri/tuas rem belakang maka rem depan dan rem belakang berfungsi secara bersamaan.

Teknologi CBS memudahkan karena saat tuas rem belakang ditekan, otomatis rem depan akan ikut mengerem. Itu bisa terjadi karena tuas rem belakang juga dihubungkan ke rem depan. Namun, saat tuas rem depan yang ditekan, rem belakang tidak ikut mengerem karena tuas rem depan sendiri tidak terhubung ke rem belakang.

Berikut terdapat beberapa tips untuk merawat kendaraan khususnya sepeda motor yang memiliki fitur CBS, antara lain:

1. Sebelum berangkat kerja pada pagi hari, idealnya harus menghangatkan sepeda motor dengan cara menghidupkannya selama 3 sampai 5 menit. Ini dimaksudkan agar oli rata ke semua komponen mesin, sehingga motor siap untuk berkendara.

2. Saat ingin menaiki motor matik injeksi ikuti anjuran pakar otomotif buruknya menggeber atau gas throttle karena dapat merusak komponen mesin bila dilakukan dalam jangka panjang.

3. Mengganti oli dengan teratur. Saat penuhi jarak tempuh spesifik, kualitas oli yang digunakan cukup lama akan menyusut.

4. Sering kali komponen penting ini mengalami kerusakan. Diharuskan rutin untuk mengecek kondisi aki dan busi.

5. Saat merasakan sesuatu hal yang tidak beres dalam kendaraan diharuskan untuk memeriksa belt cvt dan roller. Kurang lebih periode satu bulan sekali dilakukan pemeriksaan. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat