visitaaponce.com

Mengintip 27 Tahun Transformasi Suzuki Baleno

SUZUKI Baleno pertama kali hadir pada1995, dan telah beberapa kali bertransformasi, dari model sedan hingga menjadi model hatchback. Tahun ini, Baleno memasuki tahun ke-27 mengaspal di Tanah Air. 

Generasi Pertama (1995-2003) 

Baleno gen I hadir di Indonesia pada 1995. Menggendong mesin 1.600 cc bertransmisi manual dengan 5 percepatan. Baleno generasi pertama  menghadirkan keunggulan berupa konsumsi bahan bakar yang efisien dan suspensi yang empuk. 

Memasuki 2000, Suzuki Indonesia mengenalkan Baleno Millenium sebagai facelift pertama dengan kapasitas mesin 1.500 cc. Bagian ekesterior dibuat lebih oval dan bergaya berkat ubahan pada gril, lampu utama, dan pelek yang lebih modern pada masanya. 

Facelift pertama terjadi penambahan fitur, seperti tilt steering, central lock, power steering, dan head unit double DIN. Ubahan pelek dan gril kembali dilakukan pada 2002 untuk membuatnya lebih sporty. 

Generasi Kedua: Baleno Next-G (2003-2007) 

Baleno generasi kedua dikenal dengan nama Baleno Next-G dan memiliki ubahan bodi, sasis, dan interior yang disesuaikan dengan pergeseran tren saat itu. Pada sisi interior, panel meter hadir dengan model digital yang lebih modern. Ruang kabinnya pun didesain lebih luas dan lega dibandingkan baleno generasi pertama. 

Selain eksterior dan interior, Baleno Next-G juga telah dilengkapi ABS (Anti-lock Braking System) dan EBD (Electronic Brake-force Distribution). Hadir dengan mesin 1.000 cc M15A berteknologi VVT bertenaga 100 hp pada 5.900 rpm dan torsi 133 Nm pada 3.100 rpm. Ditawarkan dalam varian manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan. 

Dua tahun setelahnya (2005), Suzuki kembali melakukan penyegaran pada Baleno Next-G dengan bodi dan gril baru, warna dan desain interior baru, serta hadirnya MID (Multi Information Display) di tengah dasbor. 

Generasi Ketiga: Neo Baleno (2008-2010)
 
Pada 2008, Baleno generasi ketiga hadir dengan nama Neo Baleno yang diambil dari basis SX4. Desain jauh lebih modern terutama pada bagian lampu utama yang memanjang hingga bagian fender dan kap mesin. 

Bodi mobil pun cenderung berbentuk bulat. Mengandalkan mesin M15A, Neo Baleno hadir dengan fitur yang lebih lengkap dari Baleno generasi kedua. Namun, adanya pergeseran tren, membuat Suzuki berhenti memasarkan Baleno pada 2010. 

Generasi Keempat: New Baleno (2017-2019) 

Setelah hampir 7 tahun rehat, Suzuki Indonesia kembali mengenalkan Baleno dengan konsep baru di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show, 10 Agustus 2017. Dengan mengusung tagline ‘The Complete Hatchback’. New Baleno menghadirkan eksterior berkonsep liquid flow dan desain yang lebih mewah. 

New Baleno sudah mengandalkan platform modern, yaitu HEARTECT yang ringan namun kukuh. Dengan mesin K14B berkapasitas 1.373 cc, New Baleno dapat mengeluarkan tenaga sebesar 92,4 ps pada 6.000 rpm dan torsi 130 Nm pada 4.200 rpm. 

Baleno generasi terbaru ini menghadirkan MID yang lebih informatif bagi pengendara, serta fitur-fitur lain seperti Auto Climate Control yang dapat memudahkan pengendara dalam menentukan tingkat temperatur di dalam kabin. 

New Baleno Facelift (2019-sekarang)

Di pengujung 2019 lalu, Suzuki Indonesia kembali memperkenalkan New Baleno dengan beberapa penyegaran. New Baleno facelift ini hadir dengan desain bumper depan yang lebih sporty, grille yang lebih lebar, pelek berukuran 16 inci, dan penambahan LED Projector Headlamp, serta desain fog lamp yang lebih bergaya.

Bagian interior hadir dengan nuansa kabin berwarna abu gelap yang lebih elegan serta memprioritaskan kenyamanan pengemudi dengan adanya tuas yang dapat mengatur tinggi rendahnya posisi jok sehingga lebih ergonomis. 

“Baleno sudah 27 tahun hadir di Indonesia. Banyak sekali masyarakat yang memiliki kenangan bersama Baleno dari mulai berbentuk sedan hingga kini menjadi hatchback. Transformasi yang terjadi pada Baleno merupakan salah satu upaya Suzuki untuk memenuhi dinamika kebutuhan konsumen Indonesia yang terus berkembang," ujar 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Donny Saputra. (S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Suplemen

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat