visitaaponce.com

Inchcape-GWM Jalin Kolaborasi, Indonesia Masuk Target Distribusi

DISTRIBUTOR otomotif global Inchcape Plc (Inchcape) menjalin kemitraan dengan perusahaan mobil Tiongkok Great Wall Motor Company Limited (GWM). Keduanya akan mengembangkan area baru dalam kolaborasi stategis ini, termasuk di Indonesia.

Dengan adanya perjanjian tersebut, Inchcape akan memberikan kapabilitas distribusi untuk GWM. Ini merupakan pasar pertama di mana Inchcape akan memasarkan sebuah merek yang utamanya menawarkan kendaraan energi baru. Termasuk dalam bagian perjanjian distribusi di Indonesia adalah kendaraan merek GWM yang mencakup Haval, Ora, dan Tank.

Inchcape akan menjalankan distribusi ini melalui sebuah usaha patungan (joint-venture) dengan PT Indomobil Sukses Internasional Tbk (Indomobil). Indomobil sendiri telah memiliki kerja sama yang kuat dengan Inchcape dalam hal distribusi kendaraan di Indonesia. Dalam usaha patungan ini, Inchcape memegang 70% saham sedangkan Indomobil 30%.

Kepemimpinan global GWM pada kendaraan listrik baterai (battery electric vehicle) dan hybrid berpotensi untuk secara signifikan memperluas produk kendaraan listrik (EV) Inchcape. Sementara GWM akan diuntungkan dari rekam jejak Inchcape yang kuat pada pembukaan pasar yang sukses untuk OEM, serta kemampuannya di industri pelayanan data, digital, dan teknologi.

Presiden GWM ASEAN Clyde Cheng mengakui Indonesia memegang peran penting dalam strategi GWM di ASEAN. Menurutnya, Indonesia merupakan salah satu pasar otomotif terbesar di kawasan ini.

"Kami sangat antusias untuk menjalin kemitraan dengan Inchcape, bergandengan tangan untuk menjangkau pasar Indonesia. Dengan kemampuan ekspansi pasar dan praktik penjualan Inchcape yang sangat baik, kami yakin akan prospek pasar Indonesia," kata Cheng.

Ia menyebut GWM sedang melakukan transformasi untuk menjadi perusahaan global yang berfokus pada teknologi energi baru pintar (new energy intelligent technologies). Kendaraan energi baru GWM sendiri telah hadir di lebih dari 170 negara dan wilayah di seluruh dunia.

CEO Inchcape Asia-Pasifik Ruslan Kinebas mengungkapkan antusiasmenya terhadap kemitraan strategis global Inchcape dengan GWM, termasuk perluasan jejak ke Indonesia. "Saya berharap dapat menggabungkan keahlian lokal kami dengan kemampuan digital dan data terkemuka untuk mempercepat kinerja GWM, dan menegaskan kembali komitmen untuk memberdayakan mobilitas yang lebih baik di Indonesia," tuturnya.

Direktur Utama Indomobil Jusak Kertowidjojo menambahkan, GWM memiliki portofolio kendaraan listrik yang baik. Hal itu akan mendukung inisiatif pemerintah Indonesia untuk mendorong populasi kendaraan listrik di Indonesia. "Keahlian kami di industri otomotif lokal akan memberikan dampak positif pada distribusi dan pengenalan kendaraan energi baru GWM di Indonesia," pungkasnya. (RO/Ifa/S-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Chadie

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat